Pembentukan ekonomi syariah terus kami laksanakan, produk halal sedang kita giatkan.
Bangkalan (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin mendorong daerah dan kalangan pesantren untuk mengoptimalkan pengembangan ekonomi berbasis syariah sebagai upaya untuk memajukan ekonomi masyarakat.

"Pembentukan ekonomi syariah terus kami laksanakan, produk halal sedang kita giatkan. Mari seluruh daerah berbenah, karena selain menumbuhkan produk juga akan membuka pasar," kata Wapres, di sela acara kunjungan ke Pondok Pesantren Al-Anwar, Desa Patereman, Kecamatan Modung, Bangkalan, Jawa Timur, Kamis.

Menurut Wapres, dalam membuka pasar produk halal, sudah dilakukan pemerintah, seperti di Timur Tengah yang sudah mulai dilakukan perjanjian perdagangan.

"Ini menjadi langkah kita untuk menjadi pusat perdagangan produk-produk halal, dari sektor keuangan kita sudah memulai, BSI sudah membuka di Dubai, sebentar lagi akan buka di Saudi Arabia," kata Wapres menjelaskan.

Pengasuh Ponpes Al-Anwar KH Muchlis Muhsin mengatakan bahwa lembaganya siap melaksanakan dorongan Wapres dalam berupaya mengoptimalkan ekonomi syariah.

"Kami sudah memulai mendirikan pegadaian syariah, kami sudah sangat siap untuk pengembangan ekonomi berbasis syariah sebagai salah satu produk halal," ujarnya.

Kesiapan akan hal itu, menurut Kiai Muchlis, sudah sejak lama, salah satunya dengan mendirikan perguruan tinggi ekonomi syariah di pesantren yang diasuhnya itu.

"Santri dan alumni memang kami dorong agar tidak hanya fokus pada baca kitab dakwah seperti ceramah, tetapi yang kami ingin mereka mampu menggerakkan ekonomi berbasis syariah di tengah masyarakat," katanya pula.
Baca juga: Wapres: Sudah selayaknya ekonomi-keuangan syariah didorong di Kaltim 
Baca juga: FEB UI siap mengakselerasi ekonomi dan keuangan syariah

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023