"Total 12 laporan, seperti permintaan penyesuaian penulisan gelar sesuai ijazah, permintaan ganti foto, sampai laporan karyawan BUMD, RT, RW dan LPMK,"
Surabaya (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya menerima 12 masukan dan tanggapan masyarakat terhadap daftar calon sementara (DCS) untuk Bakal Calon Anggota Dewan (BCAD) yang diterima mulai tanggal 19-28 Agustus 2023.

Anggota KPU Kota Surabaya Soeprayitno di Surabaya, Kamis, mengatakan, sejumlah hal yang disampaikan pada masa penerimaan masukan dan tanggapan masyarakat di antaranya penyesuaian penulisan gelar pada ijazah hingga terkait laporan pejabat Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), pengurus RT/RW, dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) yang namanya masuk ke dalam DCS.

"Total 12 laporan, seperti permintaan penyesuaian penulisan gelar sesuai ijazah, permintaan ganti foto, sampai laporan karyawan BUMD, RT, RW dan LPMK," kata Soeprayitno.

Dia menyebut gelar pada DCS harus sesuai dengan keputusan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud).

"Karena ada yang tidak sesuai Keputusan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud) tentang ejaan yang disempurnakan," ucapnya.

KPU Kota Surabaya pada Selasa (29/8/2023) melakukan rekapitulasi terhadap tanggapan dan masukan masyarakat terkait DCS.

Kemudian, hasil rekapitulasi tersebut diserahkan kepada masing-masing partai politik untuk dilakukan langkah tindak lanjut, melalui tahapan klarifikasi atas masukan dan tanggapan masyarakat terhadap DCS yang dibuka sejak Selasa (29/8/2023) hingga Kamis (31/8/2023).

"Terkait perubahan DCS bisa ganti nomor urut, ganti BCAD, pindah daerah pemilihan, pindah tingkat keterwakilan," katanya.

Nantinya, seluruh tahapan klarifikasi dari masing-masing partai politik politik peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 kepada KPU, pada Jumat (1/8/2023) hingga Kamis (7/8/2023).

"Diunggah partai melalui Sistem Informasi Calon (Silon)," ujarnya.



 

Pewarta: Abdul Hakim/Ananto Pradana
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023