Jakarta (ANTARA News) - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjadi partai politik peserta Pemilu yang terakhir menyerahkan daftar bakal calon anggota legislatif DPR ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat di Jakarta, Senin.

"PKB menjadi partai yang terakhir karena kami melewati tahap panjang, rinci dan ketat terhadap satu per satu calon tersebut," kata Sekretaris jenderal (Sekjen) DPP PKB Imam Nachrawi di Gedung KPU Pusat.

Imam tiba di Gedung KPU sekira pukul 14.46 WIB dengan didampingi sejumlah artis Ibukota yang diusung untuk memperkuat komposisi bacaleg PKB.

Jumlah bakal perempuan caleg yang diusung PKB berkisar sekira 37,5 persen dari total seluruh nama bakal caleg. Sementara itu, sebanyak 7 persen bakal caleg PKB berasal dari kalangan artis, antara lain Arzetti Bilbina, Ridho Rhoma, Deddy Irama, Said "Bajuri", Aditya "Sayuti, dan Krisna Mukti.

Sementara itu, dua menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II dari PKB juga didapuk untuk mencalonkan diri menjadi bakal caleg DPR RI, yaitu Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar dan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Helmy Faishal Zaini.

Selain itu, sebanyak 28 anggota DPR RI dari Fraksi PKB kembali mencalonkan diri.

Senin, delapan parpol menyerahkan daftar bacaleg DPR ke KPU Pusat, dengan demikian seluruh parpol peserta Pemilu 2014 telah resmi menyelesaikan tahap penyerahan bacaleg. Sebelumnya, empat parpol telah menyerahkan daftar bacaleg mereka ke KPU.

Verifikasi terhadap syarat pengajuan pencalonan dan syarat bakal calon tersebut akan dilakukan KPU pada 23 April--6 Mei.

Hasil verifikasi akan disampaikan kepada partai politik tanggal 7--8 Mei, kemudian bagi parpol yang belum memenuhi persyaratan akan diberikan kesempatan untuk perbaikan pada 9--22 Mei.

Penyusunan dan penetapan DCS dilakukan 30 Mei--12 Juni, sementara pengumuman DCS dilaksanakan 13--17 Juni.

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013