Jakarta (ANTARA) - Aktor sekaligus kreator konten Baim Wong berhasil memecahkan rekor baru mengejar para sahabat artisnya yang telah terlebih dahulu membuka lapak di Shopee Live.

Suami dari Paula Varhoeven ini ternyata berhasil meraup hingga Rp 600 juta Omset hanya dalam 2 jam di Shopee Live perdananya. Melalui akun tokonya @Baim.wong yang live pada 31 Agustus kemarin ini, menjadi saksi pasar live streaming di Shopee Live semakin digandrungi masyarakat.

 
Tangkapan layar Shopee Live saat Baim Wong membuat sesi live shopping. (Tangkapan layar Shopee Live @Baim.Wong)


Bukan Baim namanya, kalau berita viral membanggakan ini hanya sampai di dunia live stream saja. Keberhasilan ini juga menjadi perbincangan warganet melalui postingan Instagramnya baru-baru ini. Tertangkap jelas dengan mukanya yang kaget, caption Baim menyebutkan,

“GILAAA! MAKASIH BOSQUEE!! Kalian bener-bener keren banget! TOTAL OMZET HAMPIR 600 JUTA DALAM 2 JAM DOANG Di sesi SHopee Live perdana saya! Alhamdulillah… Thank You guys!"

Baca juga: Baim Wong bersiap tambah lapak streaming ke Shopee Live
 
Tangkapan layar instagram akun Baim Wong usai membuat sesi live shopping. (Instagram/@baimwong)


Terekam bagaimana keseruan sesi Live Shopping di Shopee Live pada toko @Baim.wong kemarin. Sebagai artis sekaligus pengusaha dan konten kreator, tak perlu diragukan gayanya yang asyik dan kemampuannya dalam menggaet penonton untuk meramaikan sekaligus membeli produk incaran di sesi Shopee Live.

Bahkan sempat di beberapa menit awal ketika produk pada etalase dinaikkan dengan harga promo super murah, membuat sebagian calon pembeli langsung berebut dan membuat sesi live semakin menegangkan.

Apalagi di tengah live, Baim sempat melontarkan kalimat “ayo bosque, cepat tangkap diskonnya!”, membuat interaksi real-time dengan para penonton, sehingga memacunya untuk membeli produk saat itu juga.

Dengan aksi kocak ala Baim dan beberapa kalimat yang memanggil nama penonton yang kerap comment, membuat sesi live shopping terasa lebih hangat dan menarik. Secara detail, toko @Baim.wong berjualan beberapa produk dengan pilihan yang lengkap dan beragam, seperti elektronik baik gadget, peralatan elektronik, hingga fashion pria.

Ditambah promo besar-besaran akhir bulan yang pasti produk dengan harga paling murah. Sebagai kemeriahan kampanye 9.9 Super Shopping Day yang sedang berlangsung saat ini, para pengguna Shopee dan followers Baim pun ikut berebut demi bisa menikmati promo belanja yang dimulai pada jam 8 malam yakni, di Shopee Live Semua Diskon 50%, dan Gratis Ongkir Rp 0 selama sesi live berlangsung.

Baca juga: Ariel Noah bersama Geoff Max akan bergabung dalam Shopee Live

Pencapaian yang diperoleh Baim pada sesi live perdananya kemarin, sepertinya akan menjadi strategi Baim ke depan untuk lebih fokus menggarap bisnisnya di ranah Shopee Live.

Melalui traffic yang tinggi, dan antusias pengguna Shopee yang loyal pun ditambah terpacu dengan pemberitaan pencapaian omzet rekan-rekan artisnya yang sukses meraih total jualan yang fantastis juga menjadi motivasi Baim untuk semakin mengembangkan dirinya di Shopee Live.

Antusiasme para pengguna Shopee dan followers Baim dalam sesi Shopee Live kemarin, juga semakin menunjukkan bagaimana Shopee Live kini menjadi incaran masyarakat untuk berbelanja produk kebutuhannya.

Melalui riset dari Populix berjudul “Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia” terungkap Shopee Live merupakan platform live streaming yang paling sering digunakan untuk belanja online, jauh melampaui pesaing terdekatnya.

Di mana, 69 persen responden memilih Shopee Live sebagai fitur live streaming yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia, di atas para pesaingnya seperti pemain baru TikTok Live yang jauh tertinggal dengan angka 25 persen.

Shopee Live juga menjadi fitur live streaming yang paling diingat oleh masyarakat Indonesia dengan hasil 60% responden, sementara TikTok Live sebagai pemain baru hanya mendapatkan 30% suara.

Selaras dengan data penggunaan live streaming platform, Shopee menunjukan porsi pangsa pasar dari jumlah dan nilai transaksi yang tertinggi. Dimana pada indikator pangsa pasar jumlah transaksi (share of order), dimana Shopee berhasil mencatatkan pangsa pasar jumlah transaksi tertinggi (56%) dalam 6 bulan terakhir, jauh melampaui TikTok Live di angka 30%.

Sedangkan pada pangsa pasar nilai transaksi (share of revenue), Shopee menduduki peringkat pertama dalam mencatatkan pasar nilai transaksi terbesar, yaitu 54% sangat jauh melampaui pesaingnya, TikTok Live (31%).

Dari data hasil riset di atas, bisa disimpulkan bahwa Shopee masih memimpin peta persaingan industri e-commerce, baik secara gambaran besar ataupun saat difokuskan pada fitur live streaming shopping.

Baca juga: Eiger pecah rekor omzet 16 kali lipat usai jualan Shopee Live

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023