Manchester (ANTARA News) - Manchester United memastikan merebut gelar juara Liga Premier dari juara musim lalu Manchester City setelah mengalahkan Aston Villa 3-0 di kandangnya di Old Trafford.

Berikut lima pemain kunci pilihan AFP yang dianggap memegang peran penting dalam meraih gelar juara Liga Premier ke-13 United di era kepelatihan Alex Fergsuson.

David de Gea (Spanyol, kiper)
Setelah debut sulit untuk Old Trafford, De Gea telah berubah menjadi kiper pilihan utama United. Pesepakbola Spanyol berusia 22 tahun ini sempat berulangkali melakukan kesalahan besar, diantaranya saat klubnya menang 3-2 dari Fulham Agustus tahun lalu dan seri 1-1 melawan Tottenham Hotspur Januari lalu, namun dia juga menciptakan beberapa penampilan gemilang. 
Manajer United Alex Ferguson memujinya setelah seri 2-2 melawan West Ham United, dengan menyebutnya dia telah berkembang menjadi "benar-benar kiper kelas atas".

Rafael da Silva (Brazil, bek kanan)
Mewarisi nomor punggung 2 Gary Neville dalam pra musim, Rafael telah menunjukkan bahwa dia memang mampu menjadi pengganti mantan full-back timnas Inggris yang lama menempati sisi kanan pertahanan United.
Sebagai bek ulet nan sabar, pemain Brazil ini menciptakan satu gol indah saat menang 2-1 dari Liverpool September lalu dan menciptakan gol gledek spektakuler dari jarak 22 meter saat menang 2-0 atas Queens Park Rangers Februari lalu.

Michael Carrick (Inggris, gelandang tengah)
Kerap diabaikan penggemar dan pengamat, Carrick telah menikmati musim paling mengesankannya selama mengenakan seragam warna merah sejak transfer 2006 dari Tottenham. 
Pemain berusia 31 tahun ini telah membuktikan kehadirannya yang tak tergantikan di depan pertahanan Inggris dan penampilannya membuatnya menjadi pilihan Roy Hodgson di timnas. 
Digambarkan sebagai "Rolls Royce-nya Pemain", Carrick dinominasikan meraih penghargaan bergengsi Pemain Terbaik pilihan Asosiasi Pesepakbola Profesional (PFA).

Robin van Persie (Belanda, penyerang)
Didatangkan dengan banderol 24 juta pounsterling (Rp358,9 miliar) dari Arsenal tahun lalu, van Persie  enemukan hidupnya di United bagai angsa menemukan air. 
Setelah mencetak gol pada menit ke-10 dalam debut pertamanya bersama MU melawan Fulham Agustus lalu, dia mencetak hatrik di Southampton dan mengantarkan kemenangan krusial melawan Liverpool dan Manchester City. 
Dia sempat kering gol selama musim panas ketika tampil tanpa gol dalam 10 pertandingan, namun kemudian memproduksi gol saat melawan Stoke City dan West Ham, diikuti hatrik saat melawan Villa, dan ini membuatnya mengemas total 24 gol musim ini.

Danny Welbeck (Inggris, penyerang)
Welbeck mungkin hanya sekali mencetak gol di musim ini, namun ketekunan dan kelincahannya telah membuatnya menjadi elemen kunci skuad Alex Ferguson. 
Maret lalu dia menciptakan sensasi saat lebih dipilih Ferguson ketimbang Wayne Rooney dalam starting line-up untuk laga kandang perempatfinal Liga Champions melawan Real Madrid. Ini merebakkan spekulasi bahwa masa depan Rooney di Old Trafford akan segera berakhir.
Cepat, pekerja keras, dan diberkati keterampilan serta sentuhan luar biasa, pemain berusia 22 tahun ini masuk daftar pemain nomini Pemain Muda Terbaik pilihan PFA.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013