Jakarta (ANTARA) - Klub Liga 2 Maluku Utara (Malut) United FC mengusung target secepatnya promosi ke Liga 1 pada musim perdana klub tersebut mengarungi kompetisi sepak bola strata kedua Indonesia yang bergulir mulai 10 September.

Hal itu ditegaskan oleh pelatih Malut United FC Imran Nahumarury pada acara peluncuran tim secara resmi di Jakarta, Jumat.
Pelatih klub Liga 2 Maluku Utara United FC Imran Nahumarury menjawab pertanyaan para pewarta setelah acara launching tim yang berlangsung di Plaza Senayan, Jakarta, Jumat (1/9/2023). (ANTARA/RAUF ADIPATI)


"Kalau lihat skuad yang ini tentu target Liga 1. Saya tidak mau terlalu lama lah, karena sepak bola Maluku Utara sudah lama tertidur. Sudah saatnya sepak bola Maluku Utara bangkit dan tahun ini kita harus bisa promosi ke Liga 1," kata Imran.

Untuk mewujudkan mimpi tersebut, Malut United telah mendatangkan pemain-pemain papan atas. Selain memulangkan Ilham Udin Armyn yang pernah bermain di Selangor FC, klub itu juga mendatangkan sejumlah mantan pemain klub Liga 1 seperti Joko Ribowo, Muhammad Bagus Nirwanto, Hendra Bayauw, dan pemain spesialis promosi Rifal Lastori.

Saat ini Malut United telah memiliki 33 pemain, namun Imran menyatakan masih mengupayakan mendatangkan satu penyerang asing lagi. Meski belum menyebut nama, Imran mengatakan calon penyerang baru Malut United berasal dari Ghana.

Pada musim pertamanya mengarungi Liga 2, Malut United akan bermarkas di Stadion PTIK, Jakarta. Sembari bermain di Jakarta, manajemen sedang menjalankan proses pembangunan stadion bernama Malut United Arena di Kota Sofifi, yang akan memiliki kapasitas 25.000 hingga 30.0000 penonton.

Sebagai upaya untuk mendapatkan dukungan dari warga Maluku Utara dan Maluku yang merantau ke Jakarta dan sekitarnya, manajemen memutuskan untuk menggratiskan tiket pertandingan selama semusim.

Secara resmi, Malut United merupakan klub baru di Indonesia. Melalui perusahaan PT Malut Maju Sejahtera, klub itu membeli Putra Delta Sidoarjo pada akhir Januari.

Pada Liga 2 2023/2024, Malut United menghuni Grup 2 bersama Bekasi City, Nusantara United, Perserang Serang, Persikab Kabupaten Bandung, PSIM Yogyakarta, dan PSKC Cimahi.

Baca juga: Kalteng Putra kenalkan pemain ke masyarakat dan optimis lolos liga 1
Baca juga: Semen Padang FC datangkan striker asal Nigeria

 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023