berencana menanam 12.000 pohon di kawasan industri Pulogadung
Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur (Jaktim) menggandeng BPJS Ketenagakerjaan Kanwil DKI Jakarta untuk memperbanyak pohon di kolong Tol Becakayu, Jalan Laksamana Malahayati,  Kecamatan Duren Sawit, Jumat.
 
Sebagai langkah awal ditanam  70 pohon jenis tabebuya dan ketapang kencana untuk menjaga kualitas udara di DKI Jakarta.
 
"Alhamdulillah, hari ini yang kesekian kalinya, kita menanam pohon di sepanjang kolong Tol Becakayu, kali ini kita bersama BPJS Ketenagakerjaan," kata Wali Kota Jaktim Muhammad Anwar di sela-sela penanaman pohon.
 
Anwar menjelaskan  pohon yang ditanam jenis tabebuya dan ketapang kencana karena keduanya  mampu menyerap polusi udara dalam jumlah besar.
 
Selain menanam pohon di kolong Tol Becakayu, Pemkot Jaktim juga berencana menanam 12.000 pohon di kawasan industri Pulogadung.
 
"Kita menanam 12.000 pohon di lahan seluas  delapan hektare di kawasan PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) Kecamatan Cakung," kata Anwar.
 
Oleh karena itu, Wali Kota meminta agar  masyarakat  memanfaatkan ruang terbuka hijau, termasuk perkantoran untuk terus melakukan penghijauan, sehingga upaya mengembalikan kualitas udara di Jakarta dapat maksimal.
 
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kanwil DKI Jakarta, Deny Yuslian menambahkan aksi penanaman pohon ini merupakan hasil  swadaya pegawainya di wilayah Jakarta Timur.
 
"Ini kolaborasi dari BPSJ Ketenagakerjaan Cabang Rawamangun, Ceger, Pulogebang bersama Walikota Jakarta Timur, untuk peduli lingkungan, utamanya dalam memperbaiki kualitas udara di Jakarta," jelas Denny.
 
Sementara itu, Lurah Pondok Kelapa Rasikin mengatakan pihaknya menjaga dan memelihara pohon tersebut guna menjaga kualitas udara.
 
"Kita kerahkan jajaran kelurahan dan petugas penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU) untuk merawat dan menjaga agar tumbuh subur sehingga bermanfaat bagi lingkungan," ucapnya.
Baca juga: Pemprov DKI mulai pasang kabut air di Balai Kota kurangi polusi udara
Baca juga: Legislator minta DKI tambah armada transportasi umum di Jakarta Barat
Baca juga: Jakbar lakukan razia emisi kendaraan di depan Taman Anggrek

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023