Jakarta (ANTARA) - Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) pada tahun 2023 menempati peringkat ke-108 di tingkat nasional berdasarkan publikasi situs pemeringkatan Webometrics edisi Juli 2023.

"Peringkat tahun ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya dimana UPNVJ ada pada peringkat 272," kata Rektor UPNVJ Anter Venus dalam keterangan, di Jakarta, Jumat.

Webometric merupakan situs yang melakukan pemeringkatan perguruan tinggi seluruh dunia yang diinisiasi Cybermetrics Lab, sebuah kelompok penelitian Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC) yang merupakan lembaga penelitian terbesar di Spanyol.

Hasil pemeringkatan Webometric dipublikasikan dalam dua periode, yaitu pada Januari dan Juli setiap tahunnya.

Publikasi edisi ini menandai 20 tahun Webometrics dalam mengelola data pemeringkatan 31.000 perguruan tinggi terbaik dunia.

Baca juga: Klasterisasi perguruan tinggi bukan pemeringkatan, sebut Kemendikbud

Baca juga: Kemendikbudristek cabut izin perguruan tinggi swasta bermasalah


Webometrics memiliki metode tersendiri dalam melakukan pemeringkatan perguruan tinggi di dunia yang didasarkan pada aspek presence meliputi pengetahuan publikasi yang dibagikan, visibility seperti dampak dari konten yang dimuat pada laman, transparency or openness seperti jumlah penelitian, dan excellence or scholar (keunggulan atau cendekiawan) papers yang banyak dikutip.

Pada aspek visibility dengan nilai 50 persen, pemeringkatan dilakukan pada indikator dampak konten web dengan menganalisis jumlah tautan eksternal yang terhubung ke halaman web institusi.

Webometric mengumpulkan sumber data jumlah tautan tersebut dari dua situs, yaitu Majestic SEO dan Ahrefs. Pada aspek transparency or openness dengan nilai 10 persen, pemeringkatan dilakukan pada indikator peneliti terkemuka yang dikutip.

Pada aspek excellence or scholar dengan nilai 40 persen, pemeringkatan dilakukan pada indikator excellence dengan menganalisis artikel yang dikutip teratas. Metode yang digunakan berdasarkan jumlah artikel dalam basis data lengkap situs Scimago untuk periode lima tahun dari tahun 2018 sampai tahun 2022.

"Ini memang jadi pengukuran penting perguruan tinggi negeri, bisa dilihat sekarang ini UPNVJ cukup baik dimana kita mendapati kenaikan yang cukup signifikan dari tahun sebelumnya, semoga bisa bertahan atau bahkan lebih baik lagi," kata Anter Venus.

Baca juga: Menhan kepada mahasiswa UPN: Negara, bangsa, rakyat tunggu baktimu

 

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023