"Selain itu, liga santri juga menjadi sarana rekreasi yang turut menghadirkan prestasi bagi para santri,"
Tangerang (ANTARA) - Pemkot Tangerang bersama Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) kembali menggelar kompetisi sepakbola Liga Santri Kota Tangerang yang diikuti 32 tim pondok pesantren dan berlangsung di Stadion Benteng Reborn.

Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin di Tangerang, Jumat mengatakan kompetisi yang diikuti oleh santriawan dari berbagai pondok pesantren untuk menyambut peringatan Hari Santri Nasional pada tanggal 22 Oktober.

"Tunjukkan permainan terbaik untuk menjadi atlet pilihan dan ini akan menjadi jalan untuk mengembangkan minat dan bakat" kata Wakil Wali Kota Sachrudin dalam acara pembukaan yang berlangsung di Stadion Benteng Reborn, Kota Tangerang, Jumat.

Sepakbola sebagai cabang olahraga yang paling diminati di seluruh dunia, lanjut Wakil Wali Kota, menjadi alasan Liga Santri kembali digelar dan menjadi wadah bagi para santri untuk saling bersilaturahmi melalui olahraga. "Berikan tontonan yang menarik, adu kemampuan dan mentalitas juara," ujarnya.

Ia juga meminta agar seluruh peserta maupun perangkat pertandingan dapat mendukung keberhasilan kompetisi Liga Santri 2023 hingga melahirkan juara di akhir kompetisi.

"Kalah menang itu biasa, tapi yang penting junjung tinggi sportivitas, baik pemain maupun wasit, agar olahraga sepakbola bisa menjadi tontonan yang menarik," katanya.

Ketua FSPP, KH. Sehabudin, mengharapkan kompetisi Liga Santri tidak hanya berlangsung sesaat, namun bisa menjadi kompetisi rutin tahunan dan berjenjang untuk melahirkan bibit atlet potensial dari santri pondok pesantren.

"Selain itu, liga santri juga menjadi sarana rekreasi yang turut menghadirkan prestasi bagi para santri," katanya.

Ketua Panitia Hari Santri Nasional Kota Tangerang, Ruslan Abdul Gani mengatakan ada sebanyak 32 pesantren yang mengikuti Liga Santri kali ini dengan rincian 30 pesantren dari Kota Tangerang dan dua pesantren dari luar Kota Tangerang. Pertandingan akan dilaksanakan mulai hari ini hingga tanggal 14 September 2023 mendatang.

Ia melanjutkan, selain adanya Liga Santri ini akan ada juga beberapa lomba lainnya untuk menyambut Hari Santri Nasional pada 22 Oktober 2023 mendatang diantaranya lomba pidato tiga bahasa, hifzil Quran, hifzil kutub, dan diaspora santri.

"Pada puncak Hari Santri Nasional manti akan ada juga Kirab Santri. Lomba-lomba ini nanti akan dilaksanakan di bulan Oktober hingga nanti hari puncak. Insyaallah, akan hadir seluruh santri-santriwati yang ada di Kota Tangerang untuk bersama-sama merayakan hari besar kita," lanjutnya.
Baca juga: Manpora harapkan Liga Santri Piala Kasad berlanjut
Baca juga: Liga Santri diharapkan mampu lahirkan pemain timnas Indonesia
Baca juga: Kesebelasan Ponpes Nurul Jalal wakil Jambi ke Piala Kasad 2022

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023