Sumbangsih Liga Santri ini akan sangat terasa untuk persepakbolaan Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali berharap kejuaraan Liga Santri Piala Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) berlanjut sebagai salah satu upaya pengembangan sepak bola di Tanah Air.

"Ini adalah wujud nyata dan perhatian dari TNI AD terhadap pengembangan sepak bola di Tanah Air. Insya Allah tahun depan akan dilaksanakan lagi," kata Menpora dikutip dari laman Kemenpora di Jakarta, Minggu.

Liga Santri Piala Kasad 2022 sudah berakhir dan pada laga puncak yang berlangsung di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Sabtu (22/10) mempertemukan tim Jabar I (Ponpes Salafiyah Al Falah) berhadapan dengan Jatim III (Ponpes Darul Huda Mayak).

Baca juga: Liga Santri diharapkan mampu lahirkan pemain timnas Indonesia

Laga tersebut berlangsung dengan ketat dan tim Jabar I akhirnya mampu menjadi yang terbaik setelah menang adu penalti dengan skor 5-3.

"Sekali lagi terima kasih saya ucapkan kepada Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang sudah memberikan semangat kepada sepak bola Indonesia dan juga kepada olahraga pada umumnya," kata Menpora yang hadir di Stadion Madya mewakili Presiden Joko Widodo itu.

Suksesnya pelaksanaan Liga Santri Piala Kasad diharapkan pula diikuti instansi lain karena pengembangan olahraga tidak hanya menjadi tanggungjawab dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)

"Semoga ini akan diikuti oleh instansi yang lainnya, sehingga olahraga bukan hanya menjadi tanggungjawab Kemenpora saja tetapi juga menjadi tanggungjawabnya seluruh elemen bangsa. Dan olahraga akan menjadi kebanggaan kita semua," kata pria asal Gorontalo itu.

Baca juga: Kasad pimpin doa untuk korban Kanjuruhan saat pembukaan Liga Santri

Sementara itu Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan yang juga hadir pada laga final mengaku banyak talenta pada Liga Santri Piala Kasad 2022 dan tidak menutup kemungkinan bisa bergabung dengan timnas.

"Luar biasa Liga Santri ini. Banyak pemain berkualitas yang tampil di sini. Sumbangsih Liga Santri ini akan sangat terasa untuk persepakbolaan Indonesia,” katanya.

Saat ini banyak pemain timnas yang mempunyai latar belakang santri, di antaranya adalah Evan Dimas, Witan Sulaiman hingga penjaga gawang Nadeo Argawinata.

Baca juga: Tim sepak bola Sultra matangkan persiapan berlaga di Piala Kasad 2022

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022