-- Para Pemimpin Dunia Bersatu untuk Memberikan Kehidupan yang Sehat kepada Anak di Seluruh Dunia

ABU DHABI, Uni Emirat Arab, 23 April 2013 (ANTARA/PRNewswire) -- Besok, lebih dari 300 pemimpin dunia, para pakar kesehatan dan pengembangan, vaksinator, selebritis, filantropis, dan pelaku bisnis lainnya akan berkumpul di Abu Dhabi untuk menghadiri Konferensi Vaksin Global untuk membahas peran vital dari vaksin dan imunisasi terhadap terwujudnya kehidupan yang sehat terhadap anak-anak. Meskipun kemajuan relatif pesat, tercatat tiap 20 detik seorang anak meninggal dakibatkan penyakit tak menular, seperti pneumonia, rotavirus, campak, dan meningitis.

Untuk melihat aset multimedia terkait siaran berita ini, silakan klik http://www.multivu.com/mnr/61396-bill-and-melinda-gates-foundation-first-global-vaccine-summit 


     Konferensi ini, yang berkonsentrasi pada peran vaksin, tengah diselenggarakan selama Pekan Imunisasi Dunia (24-30 April) untuk memperingati Vaksin Satu Dekade -- sebuah visi dan komitmen untuk menjangkau semua orang yang membutuhkan vaksinasi. Menghapus penyakit polio merupakan tujuan utama dalam visi ini.

     Bill Gates, ketua umum bersama Bill & Melinda Gates Foundation, akan memberikan pidatonya untuk memperingati kemajuan dan memberi penghargaan kepada perorangan, komunitas, mitra kerja, dan negara-negara yang telah memberikan kontribusi nyata. Pidato tersebut akan disiarkan secara langsung pada www.globalvaccinesummit.org.

     "Vaksin membantu menyelamatkan banyak nyawa dan melindungi anak-anak selamanya," kata Bill Gates, ketua umum bersama Bill & Melinda Gates Foundation. "Dengan menciptakan sistem imunisasi yang lebih kuat, kita bisa menjaga pencapaian kita dalam memerangi polio dan memberikan layanan kesehatan yang layak kepada ibu dan anak-anak."

     Hampir 200 negara bersatu mendukung Rencana Tindakan Vaksin Global pada Mei tahun lalu untuk mengembangkan vaksin yang lebih baik dan lebih terjangkau dan menyalurkannya melalui sistem imunisasi rutin yang lebih efektif. Jika berhasil, kita dapat menyelematkan lebih dari 20 juta nyawa dan mencegah hampir satu triliun penyakit pada tahun 2020. Selain itu, hal ini pun akan menghemat biaya perawatan sebesar hampir 12 triliun dolar dan berpotensi memperoleh sekitar 800 triliun dolar karena lebih banyak anak yang hidup lebih lama, lebih sehat, dan lebih produktif.

     "Konferensi Vaksin Global merupakan ajang pertemuan bersejarah bagi para pemimpin dan inovator dunia, karena pertemuan ini menciptakan sebuah kolaborasi global yang bertujuan untuk menjamin terwujudnya kesehatan masyarakat global. Di bawah bimbingan Yang Mulia Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, Presiden uni Emirat Arab dan Penguasa Abu Dhabi, kami tetap berkomitmen untuk mendukung terwujudnya vaksin yang dapat menyelamatkan kehidupan anak-anak di seluruh dunia," ucap Yang Mulia Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan.

     "Imunisasi merupakan salah satu cara paling efektif untuk mencegah penyakit dan untuk  melindungi kehidupan kaum muda," kata Sekjen PBB, Ban Ki-Moon. "Sejauh ini, keberhasilan global di dalam memerangi polio menunjukkan kemajuan kita. Kemajuan ini tak lain berkat aliansi mitra internasional. Hari ini, kita memiliki peluang untuk menghapus polio dari bumi ini selamanya."

     Konferensi Vaksin Global diselenggarakan atas kerjasama dengan Yang Mulia Jenderal Sheikh Mohamed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan. Putera Mahkota Abu Dhabi dan Deputi Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Uni Emirat Arab, Sekjen PBB, Ban Ki-moon, dan Bill Gates, ketua umum bersama Bill & 
Melinda Gates Foundation.

     Para hadirin konferensi ini meliputi para menteri kesehatan, petugas kesehatan garda terdepan, perusahaan internasional non-pemerintah, dan pendonor ini akan mendiskusikan cara masyarakat global menjamin terciptanya akses bagi anak-anak terhadap vaksin, sistem pemberantasan polio, dan berbagai peluang yang diberikan dari vaksi terbaru dan inovasi. Agenda lengkap Konferensi ini tersedia disini.

     Mitra penyelenggara Konferensi Vaksin Global antara lain:  UNICEF, World Health Organization, Global Polio Eradication Initiative, GAVI Alliance, dan Bill & Melinda Gates Foundation.


Kerjasama antara Uni Emirat Arab dan Bill & Melinda Gates Foundation:

     Pada bulan Januari 2011, Yang Mulia Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan, Putera Mahkota Abu Dhabi dan Deputi Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Uni Emirat Arab, dan Bill Gates, ketua umum bersama Bill & Gates Foundaion, berhasil mengumpulkan dana senilai 100 juta dolar - 50 juta dolar dari tiap mitra - untuk pembelian dan pendistribusian vaksin vital yang akan menyelamatkan anak-anak di Afghanistan dan Pakistan dan mencegah timbulnya penyakit untuk selamanya. kerjasama ini berhasil menyelenggarakan imunisasi terhadap sekitar lima juta anak di Afghanistan terhadap enam penyakit mematikan, dan akan membantu para pekerja WHO dan UNICEF menjangkau 35 juta anak di Afghanistan dan Pakistan dengan vaksin polio oral.


Tentang PBB dan Vaksin

     Imunisasi menjangkau 80 persen dari seluruh anak-anak di seluruh dunia, sehingga dapat menyelamatkan 2,5 juta nyawa tiap tahunnya. Meskipun begitu, masih ada 23 juta anak yang terlewatkan tiap tahuinnya, sebagian besar dari komunitas paling miskin dan rentan. Oleh karena itu, PBB dan para mitra mendukung penyediaan vaksin dan mekanisme pendistribusian, memperkuat sistem kesehatan lokal, membantu mengamankan pendanaan berkesinambungan untuk imunisasi, dan bantuan advokasi untuk mengurangi kesenjangan dalam ketersediaan akses terhadap vaksin penting dan berbagai prakarsa yang dapat menyelamatkan nyawa.


Bill & Melinda Gates Foundation

     Bill & Melinda Gates Foundation, yang dituntun atas dasar keyakinan kesetaraan kehidupan, memiliki misi untuk membantu semua orang mendapatkan kehidupan yang sehat dan produktif. Pada negara berkembang, yayasan ini berkonsentrasi untuk memperbaiki kesehatan orang-orang dan memberikan mereka kesempatan untuk memperbaiki diri mereka sendiri agar dapat keluar dari lingkaran kemiskinan. Di Amerika Serikat, yayasan ini memastikan semua orang - khususnya mereka yang kekurangan - dapat memiliki akses agar mereka dapat sukses di sekolah dan kehidupan. Yayasan, yang berbasis di Seattle, Washington ini, dipimpin oleh Direktur Utama Jeff Raikes dan ketua umum bersama William H. Gates Sr., dibawah weweang Bill dan Melinda Gates dan Warren Buffet.

KONTAK: Bill & Melinda Gates Foundation, +1.206.709.3400, media@gatesfoundation.org;
Untuk gambar dan rekaman video beresolusi tinggi, silakan kunjungi : www.thenewsmarket.com/gatesfoundation.


Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2013