Bandung (ANTARA) - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap Penjabat Gubernur Bey Triadi Machmudin yang telah ditunjuk pemerintah menggantikan dirinya dapat melanjutkan berbagai pekerjaan dengan baik untuk semakin memajukan Jabar.

"Titip pengaspalan jalan yang sudah kami anggarkan semaksimal mungkin sehingga akhir tahun depan infrastruktur harusnya lebih baik. Kemudian perkuatan transportasi publik di Jawa Barat," ucap Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat malam.

Ridwan Kamil juga berharap selama masa kepemimpinan Bey Machmudin di Jawa Barat bisa mempertahankan kinerja aparatur sipil negara (ASN) bahkan meningkatkannya.

"Pemprov Jabar ASN-nya terbaik se-Indonesia, yakin kalau dipertahankan akan membawa Jabar tetap juara dan mudah-mudahan juga selalu kondusif, terlebih di era pemilu," ujarnya.

Baca juga: Penjabat Gubernur Jabar diharapkan mampu sempurnakan kepemimpinan RK

Ridwan Kamil meyakini Bey Machmudin akan menjalankan tugas dengan baik karena kondisi Jawa Barat saat ini telah sangat baik.

"Jawa Barat kondisinya sangat baik, tinggal digas saja, jangan diubah banyak hal, kecuali ada gagasan baru," tuturnya.

Mengenai dipilihnya Bey Machmudin menjadi Penjabat Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menilai kebijakan tersebut mengakomodasi pendapat masyarakat Jawa Barat melalui DPRD setempat.

"Berarti Pak Presiden mendengarkan aspirasi masyarakat, aspirasinya datang dari usulan dewan yang menyampaikan tiga nama dan yang dipilih tidak keluar dari tiga nama yang diusulkan dewan. Ini menandakan Pak Jokowi bijak menampung aspirasi masyarakat Jawa Barat. Saya ucapkan selamat Pak Bey," kata Ridwan Kamil.

Baca juga: Jokowi tunjuk sejumlah pj gubernur termasuk Bey Machmudin

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Triadi Machmudin ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo menjadi Penjabat Gubernur Jawa Barat menggantikan Ridwan Kamil yang akan purnatugas sebagai gubernur pada 5 September 2023.

Penunjukan Bey Machmudin sebagai Penjabat Gubernur Jabar dilakukan dalam rapat Tim Penilai Akhir (TPA). Pada rapat itu, Jokowi juga memutuskan nama-nama penjabat gubernur lainnya, yakni Nana Sudjana sebagai Pj. Gubernur Jawa Tengah, Hassanudin (Pj. Gubernur Sumut),  dan Sang Made Mahendra Jaya (Pj. Gubernur Bali).

Baca juga: DPRD Jabar usulkan Bey Machmudin jadi calon pj gubernur
Baca juga: Presiden Jokowi pastikan pemilihan penjabat gubernur transparan

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023