Jakarta (ANTARA) - Turnamen esports Free Fire Master League (FFML) Season 8 resmi dimulai pada Jumat dengan mengusung nilai keberagaman, inklusivitas, keberlanjutan, serta terbuka bagi para tim profesional dan komunitas di Indonesia.

Dikutip dari keterangan resmi, Sabtu, sebanyak 18 tim profesional dan tim komunitas terbaik dari seluruh Indonesia akan memperebutkan gelar juara serta hadiah total senilai Rp1,2 miliar.

Rangkaian FFML Season 8 pun dilakukan melalui Free Fire Nusantara Series (FFNS) yang sejak awal Mei hingga akhir Juli 2023.

Dimulai dari babak City Qualifier di 65 kota, Region Qualifier di 10 wilayah, hingga babak Open Qualifier dan Main Stage, rangkaian babak kualifikasi terbuka FFNS telah diikuti lebih dari 500.000 tim dari seluruh Indonesia.

Baca juga: Lolos dari FFNS Main Stage, tujuh tim siap bertarung di FFML Season 8

Dari setengah juta tim, tujuh tim terkuat berhasil lolos untuk masuk ke babak utama FFML Season 8 termasuk empat di antaranya merupakan tim komunitas.

Keempat tim komunitas yang maju ke FFML Season 8 adalah Persis X Oke (Tangerang), Garuda Wisnu HellCard (Serang), Marawa X Jogja NC (Yogyakarta), dan Volker Legends DXL (Kendari).

Kehadiran tim komunitas di panggung FFML Season 8 akan memberi tantangan baru bagi kompetisi ini. Gameplay segar dan tak terduga dari tim komunitas sering kali menjadi momok bagi tim-tim besar di FFML.

Meski begitu, tim profesional yang sudah lama puasa gelar FFML, seperti Evos Divine, RRQ Kazu, dan Onic Olympus dipastikan akan memberikan segalanya untuk bisa reuni dengan trofi FFML di Season 8.

Baca juga: Lima tim siap hadapi pertarungan akhir di FFNS Main Stage

Terlebih, juara dari season ini akan melaju ke seri turnamen Free Fire paling bergengsi di dunia, yaitu Free Fire World Series 2023.

Berikut adalah daftar tim yang akan bersaing dengan panas di FFML Season 8.

Lolos dari FFML Season VII (11 Tim): Bigetron Delta, Evos Divine, Genesis Dogma SF, Kraken Esports (nama sebelumnya: Echo Esports), Morph Team, Onic Olympus, Poco Star (nama sebelumnya: G-Arsy Aphrodite), Rocks Esports (nama sebelumnya: MPO Esports), Rrq Kazu, Thorrad (hasil merger, sebelumnya dari: First Raider Eclipse dan First Raider Storm), Tigerwong Esports (mengambil posisi SES Alfaink).

Lolos dari FFNS Main Stage (7 Tim): Dewa United Esports, Garuda Wisnu Hellcard, Kagendra, Marawa X Jogja NC, Mbr Epsilon, Persis X Oke, Volker Legends DXL.

Selain itu, FFML Season 8 juga membawa format yang berbeda di musim ini. FFML Season 8 akan dibagi ke dalam tiga fase, yaitu League Phase, Semifinal dan Grand Finals.

Baca juga: Free Fire World Series 2023 digelar November di Bangkok

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023