Jakarta (ANTARA) -
Ajang festival musik Synchronize Fest 2023 hari pertama di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (1/9), ditutup oleh penampilan kolaborasi grup dangdut legendaris Soneta dengan disjoki Dipha Barus.
 
Begitu naik panggung pukul 23.45 WIB, Rhoma Irama selaku pentolan grup Soneta, yang tampil megah dengan pakaian serba hitam lengkap dengan jubah berwarna merah, mengucapkan salam kepada para penonton.

Tampil dengan formasi lengkap, Soneta membuka penampilan dengan tembang "Rhoma Irama Bicara". 

Baca juga: Ex member gen 1 meriahkan penampilan JKT48 di Synchronize Fest
 
Secara mengejutkan, lagu tersebut disambung dengan lagu "Butter" yang dipopulerkan oleh grup idola asal Korea Selatan BTS. Penampilan sang Raja Dangdut yang menyanyikan "Butter" mengundang sorak antusias penonton.
 
Tak lupa, Rhoma menyapa para penontonnya yang mayoritas masih berusia muda.
 
"Warga-wargi Synchronize apa kabar?," tanya Rhoma kepada penonton.
 
Soneta menyuguhkan beberapa lagu andalannya antara lain "Musik", "Gala-Gala", "Keramat" hingga medley lagu "Smoke on the Water" dari grup musik Deep Purple dan "Nafsu Serakah".

Baca juga: Iwan Fals dan Sawung Jabo reuni di Synchronize Fest 2023
 
Di sela antar lagu Rhoma beberapa kali menyampaikan nasihat kepada penontonnya, salah satunya tentang perilaku berbakti kepada ibu.
 
"Pesan Allah dan rasulnya kalau mau bahagia dunia akhirat berbaktilah pada ibumu," ujar Rhoma.
 
Selain itu, dia juga berpesan agar waspada dari adu domba yang dilakukan oleh orang-orang tidak bertanggungjawab terlebih karena Indonesia akan menghadapi Pemilu serentak.
 
"Ini lagi tahun Pemilu hati-hati terhadap provokator yang mengadu domba kita," pesan Rhoma.

Baca juga: J-Rocks kenakan "cosplay" Naruto di panggung Synchronize Fest 2023
 
Setelah Soneta menyajikan sejumlah lagu, Rhoma mengundang disjoki Dipha Barus ke atas panggung. Racikan nada dari Dipha Barus memberikan sentuhan musik elektronik kepada genre dangdut Soneta yang mampu membuat para penonton ikut bergoyang mengikuti petikan gitar Rhoma dan ketukan gendang.
 
Kolaborasi Soneta dan Dipha Barus membawakan lagu-lagu populer seperti "Darah Muda", "Adu Domba", "Mirasantika", "Azza", "Terajana", dan "Insya Allah" menjadi penutup yang meriah pada Synchronize Fest 2023 hari pertama.
 
Selain Soneta dan Dipha Barus, Synchronize Fest 2023 hari pertama menghadirkan sejumlah penampil kenamaan lain seperti Iwan Fals, The Changcuters, Parade Hujan, Kris Dayanti, hingga JKT48.

Baca juga: Program aktivasi Synchronize Fest 2023 "Bhinneka Tunggal Musik"

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023