Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, sebagian wilayah Sumatera Utara berpotensi diguyur hujan dengan intensitas lebat disertai angin kencang dan petir pada Sabtu sore dan malam hari.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Aryo Prasetyo Mulyo, di Medan, Sabtu,  mengatakan, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi pada Sabtu sore dan malam di sebagian wilayah Sumatera Utara.

Baca juga: BMKG: Sumatera Utara berpotensi  hujan pada sore dan malam hari

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang tersebut berpotensi terjadi di sebagian wilayah Lereng Barat dan Lereng Timur Sumatera Utara.

'"Kondisi tersebut harus diwaspadai oleh masyarakat karena berpotensi mengakibatkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor," katanya.

Baca juga: BMKG: Waspadai hujan lebat di sebagian Sumut yang berpotensi banjir

Secara umum, cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada pagi hari rata-rata cerah berawan.

Siang dan sore hari l berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara. Hujan lebat berpotensi terjadi di daerah Langkat, Binjai, Deli Serdang, Simalungun, Pematang Siantar, Toba, Asahan, Tapanuli Utara dan sekitarnya.

Baca juga: Sebagian wilayah Sumut masih berpotensi hujan disertai petir

Malam hari juga berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara.

Hujan lebat berpotensi terjadi di daerah Binjai, Deli Serdang, Simalungun, Pematang Siantar, Toba, dan sekitarnya dan dini hari berawan di seluruh wilayah Sumatera Utara.

Sementara suhu udara: 17.0 – 32.0 Derajat Celcius, kelembapan udara 60 – 98 persen dan angin berhembus dari Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

Baca juga: Sebagian wilayah Sumut berpotensi hujan hari pertama Lebaran
Baca juga: BMKG: Sebagian Sumut berpotensi hujan lebat disertai angin kencang


Pewarta: Juraidi
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023