Dengan kondisi tersebut masyarakat diimbau tetap waspada. Hujan lebat berpotensi terjadi pada Kamis siang hingga malam hari
Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan sebagian wilayah di Sumatera Utara berpotensi diguyur hujan dengan intensitas lebat diiringi guntur dan angin kencang.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Defri Mandoza, Kamis, mengatakan, wilayah pantai barat, lereng Barat, pegunungan, dan sebagian lereng timur Sumatera Utara berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

"Dengan kondisi tersebut masyarakat diimbau tetap waspada. Hujan lebat berpotensi terjadi pada Kamis siang hingga malam hari," katanya.

Secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada pagi hari berawan banyak dan berpotensi hujan ringan di wilayah Kepulauan Nias, Pakpak Bharat, Sibolga, Mandailing Natal, Karo, dan sekitarnya.

Baca juga: BMKG : Waspadai hujan disertai angin kencang di Sumatera Utara

Siang dan sore hari berawan dan berpeluang hujan ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara. Potensi hujan sedang terjadi di wilayah Kepulauan Nias, Toba, Samosir, Tapanuli Utara, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Labuhanbatu, dan Labuhanbatu Selatan.

Sedangkan potensi hujan lebat berpotensi terjadi di wilayah Karo, Mandailing Natal, dan sekitarnya. Malam hari berawan dan berpeluang hujan ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Potensi hujan sedang terjadi di wilayah Humbang Hasundutan, Samosir, dan Simalungun. Sedangkan Potensi Hujan Lebat terjadi di wilayah Karo dan sekitarnya.

Suhu udara: rata-rata 18.0 – 33.0 derajat Celsius, kelembapan udara 65 – 98 persen, dan angin berhembus dari Barat Daya – Barat Laut / 10 – 30 km/jam.

Baca juga: BMKG: Waspada hujan lebat bersifat lokal di sebagian Sumatera Utara
 

Pewarta: Juraidi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023