Jakarta (ANTARA) - Pembalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia merebut posisi pole sekaligus mematahkan dominasi pembalap Aprilia Racing di babak kualifikasi MotoGP Catalunya yang digelar di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol, Sabtu.

“Kami telah melakukan banyak penyesuaian pada motor dan saya merasa nyaman saat mengendarainya,” kata Bagnaia usai sesi kualifikasi.

Adapun Bagnaia menjadi yang tercepat setelah bersaing ketat dengan Aleix Espargaro (Aprilia Racing) yang terpaut 0,104 detik dari sang pemimpin balapan. Espargaro merupakan pembalap yang cukup konsisten sejak hari pertama MotoGP Catalunya bahkan memecahkan rekor lap tercepat di sesi latihan bebas (FP).

Sementara itu, dua pembalap Aprilia lainnya yaitu Miguel Oliveira (Aprilia RNF) dan Maverick Vinales (Aprilia Racing) juga terpaut tipis dari P1 dan P2 dengan margin waktu masing-masing 0,005 detik dan 0,024 detik dari Espargaro.

Dengan hasil ini, maka Bagnaia, Espargaro, dan Oliveira akan mengisi grid terdepan pada sesi Sprint dan balapan utama yang masing-masing digelar pada Sabtu dan Minggu (3/9).

Sedangkan grid kedua akan diisi oleh Vinales, diikuti dua pembalap Prima Pramac, Jorge Martin dan Johann Zarco. Martin dan Zarco masing-masing finis di P5 dan P6 pada sesi kualifikasi ini.

Grid ketiga bakal ditempati oleh dua pembalap Gresini Racing yaitu Alex Marquez dan Fabio Di Giannantonio, serta pembalap Red Bull KTM Brad Binder. Di belakang mereka ada Marco Bezzecchi (Mooney VR46), Enea Bastianini (Ducati Lenovo), dan Marc Marquez (Repsol Honda).

Sementara itu, balapan Sprint MotoGP Catalunya di Spanyol akan digelar pada hari ini pukul 20.00 WIB.

Baca juga: Bastianini resmi perpanjang kontrak bersama Ducati hingga 2024
Baca juga: Aleix Espargaro cetak rekor di sesi latihan MotoGP Catalunya
Baca juga: Mario Suryo Aji pertahankan kepercayaan diri hadapi Moto3 Catalunya


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023