Surabaya (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memimpin operasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Gunung Arjuno dengan menggunakan teknik "water bombing" atau penyiraman dari udara.

"Api telah merambet ke wilayah Kabupaten Pasuruan. Terdata hingga sore tadi kebakaran telah meluas hingga 1.200 hektare dan terpantau belum bisa dipadamkan seutuhnya," katanya usai memimpin operasi "water bombing", melalui keterangan terulis yang diterima di Surabaya, Sabtu petang.

Baca juga: Gubernur Khofifah pimpin pemadaman Karhutla Gunung Arjuno

Menurutnya, penyiraman melalui udara telah dilakukan di kawasan Tamah Hutan Rakyat (Tahura), termasuk di Desa Cendono, Kabupaten Pasuruan, dan Desa Toyomarto, Kabupaten Malang, yang mencakup tiga hot spot di wilayah Singosari, Kabupaten Malang, dan Desa Tambaksari, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan.

Khofifah memastikan pemadaman secara manual di sekitar area yang terbakar juga masih terus dilakukan, dengan mengerahkan sebanyak 350 orang personel gabungan dari Tahura R Soerjo, Masyarakat Peduli Api (MPA), relawan, bersama masyarakat sekitar, didukung oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jatim maupun Kabupaten Pasuruan dan Malang, serta Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian setempat.

Baca juga: Pemadaman Gunung Arjuno terkendala ketinggian dan angin

"Kondisi karhutla ini cukup genting dan patut disikapi dengan sigap. Terutama karena cuaca yang memang tengah dilanda Elnino, yang bahkan menyebabkan dalam 10 hari belakangan tidak turun hujan di area hutan Gunung Arjuno. Sehingga menyebabkan kondisi karhutla semakin parah," ujarnya.

Gubernur Khofifah secara khusus menyerukan agar masyarakat mulai melakukan shalat Istisqo' untuk memohon diturunkan hujan. Utamanya bagi masyarakat yang berada di sekitar kawasan Gunung Arjuno dan daerah yang mengalami kekeringan.

Baca juga: Kecepatan angin halangi pemadaman karhutla Arjuno-Welirang

Tidak hanya faktor alam, Gubernur Khofifah mengungkapkan, berdasarkan hasil penyelidikan kepolisian dan juga laporan yang dihimpun Dinas Kehutanan Jatim, disinyalir penyebab karhutla di lereng Arjuno ini salah satunya adalah perburuan liar.

Pelaku diduga sengaja melakukan pembakaran semak-semak hutan untuk memicu gerakan dari satwa yang diburu dan memudahkan aktivitas pemburuan satwa.

Baca juga: Pemadaman api Gunung Arjuno datangkan helikopter "water bombing"

Khofifah mengecam tindakan yang tidak bertanggung jawab itu sangat berdampak buruk bagi lingkungan.

"Jika yang terkonfirmasi bahwa kemungkinan terjadinya kebakaran hutan ini adalah aktivitas perburuan liar, maka saya mohon segera dihentikan. Tolong dijaga alam kita dan lindungi hutan kita dari perburuan liar," tuturnya.

Baca juga: Pemadaman api Gunung Arjuno kerahkan helikopter
Baca juga: Pemadaman api Gunung Arjuno kerahkan helikopter

Pewarta: Abdul Hakim/Hanif Nasrullah
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023