Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Petugas gabungan dari berbagai lembaga dikerahkan untuk memadamkan kebakaran hutan di kawasan Gunung Walat, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, Sabtu.

"Usai memadamkan kebakaran hutan di kawasan Gunung Walat yang berada di Kampung Sindangresmi, RT04/RW02, Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak pada Jumat, (1/9) malam. Hari ini atau Sabtu kebakaran hutan di Gunung Walat kembali terjadi hanya lokasi berbeda tepatnya di Kampung Baru, RT05/RW20, Kelurahan/Kecamatan Cibadak," kata Manager Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Daeng Sutisna di Sukabumi, Sabtu.

Ia mengatakan hingga pukul 20.00 WIB api yang membakar hutan pendidikan yang merupakan tempat praktik lapang kehutanan mahasiswa Fakultas Kehutanan dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor (IPB) semakin membesar dan meluas.

Petugas gabungan yang berada di lokasi masih mencoba memadamkan api dengan alat sederhana karena untuk menuju ke titik api, mobil pemadam kebakaran tidak bisa masuk, sehingga penyemprotan air untuk memadamkan api urung dilakukan.

Untuk antisipasi api merambat hingga lahan dan permukiman warga, mobil pemadam kebakaran dari Pos IV Cibadak Damkar Kabupaten Sukabumi serta satu mobil tanki air Palang Merah Indonesia (PMI) disiagakan.

Baca juga: Gubernur Khofifah pimpin pemadaman Karhutla Gunung Arjuno

Diperkirakan luas hutan yang terdampak kebakaran mencapai 10 hektare dan tidak menutup kemungkinan semakin bertambah.

Pihaknya mengimbau kepada petugas gabungan yang tengah berjibaku untuk memadamkan api untuk selalu berhati-hati.

Kondisi hutan yang kering menyebabkan api dengan cepat merambat sehingga bisa menyebabkan terjadinya hal yang tidak diinginkan menimpa personel yang di lapangan, seperti terluka atau kekurangan oksigen.

"Diduga kebakaran hutan ini akibat adanya pembukaan lahan di sekitar kawasan hutan tersebut dengan cara membakarnya dan diduga ada percikan atau bara api yang tertiup angin dan menempel di ilalang mengakibatkan api dengan cepat membesar," katanya.

Daeng mengatakan luas hutan yang mengalami kebakaran di titik pertama yakni di Kampung Sindangresmi, Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadka yang berbatasan dengan Desa Hegarmanah, Kecamatan Cicantayan mencapai 10 hektare.

Ketua PMI Kabupaten Sukabumi Hondo Suwito mengatakan untuk membantu proses pemadaman api ini, pihaknya kembali mengerahkan delapan personel yang saat ini sudah bergabung dengan petugas dan relawan dari berbagai instansi.

Selain mengerahkan personel, pihaknya juga menurunkan mobil dobel kabin dan truk tanki air.

Selain itu, personel dilengkapi dengan berbagai peralatan untuk mendukung operasi pemadaman api pada kebakaran hutan di Gunung Walat itu.

Petugas gabungan yang dikerahkan berasal dari unsur TNI, Polri, BPDB, Dinas Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Sukabumi, serta PMI Kabupaten Sukabumi dan puluhan relawan dari berbagai komunitas.

Baca juga: Petak 29-2 Gunung Sumbing masih terbakar
Baca juga: Karhutla di Bukit Teletubbies Gunung Bromo dipadamkan

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023