BMKG mengimbau masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan untuk tujuan apapun
Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masih berpotensi terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia pada Minggu (3/9).

Situs BMKG, Minggu, menyatakan agar masyarakat mewaspadai potensi kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Nusa Tenggara Timur.

BMKG menyampaikan rendahnya curah hujan dan peningkatan suhu udara dapat memicu potensi mudahnya kebakaran hutan/lahan.

BMKG mengimbau masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan untuk tujuan apapun.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menekankan sinergi antarelemen dalam menangani kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Kalimantan Barat.

Baca juga: Kebakaran hutan-lahan di Savana Gunung Bromo terus dipantau BPBD
Baca juga: Kapolri tekankan sinergi antar-elemen tangani karhutla di Kalbar


Menurutnya, Kerja sama antarpemangku kepentingan selama ini tetap harus dipertahankan sebab dalam penanganan karhutla diperlukan soliditas dan sinergi yang baik.

Terkait pencegahan, Sigit meminta semua pihak melakukan sosialisasi kepada masyarakat, baik secara langsung maupun melalui media sosial dengan mengedepankan tiga pilar kamtibmas, yakni Bhabinkamtibmas, Babinsa dan kepala desa.

Sementara di sisi lain, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan kejadian karhutla masih berlangsung di Gunung Andong, Kabupaten Malang, Jawa Timur dan telah padam di Taman Nasional Gunung Ciremai, yang berada di wilayah administrasi Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

"Peristiwa karhutla di kawasan gunung bukan kali pertama terjadi pada musim kemarau tahun ini," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Sabtu.

Sebagai langkah antisipasi ke depannya, pihak satgas karhutla rutin melakukan patroli udara menggunakan pesawat nirawak atau drone sehingga apabila ditemukan titik api maka tim akan langsung menuju lokasi untuk pemadaman dan upaya lainnya yang dianggap perlu.

Baca juga: Gubernur Khofifah pimpin pemadaman Karhutla Gunung Arjuno
Baca juga: BNPB: Karhutla berlangsung di Gunung Arjuno, di Gunung Ciremai padam
Baca juga: Puluhan pendaki dievakuasi dari karhutla di Gunung Sumbing
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023