Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk waspada dengan potensi hujan dengan intensitas lebat disertai angin kencang di kawasan pegunungan di Sumatera Utara (Sumut) yang dapat menyebabkan banjir.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Endah Paramitha di Medan, Minggu, mengatakan sebagian wilayah Sumatera Utara dalam dua hari ke depan berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang.

Atas kondisi tersebut masyarakat diimbau agar selalu waspada karena hujan dengan intensitas lebat tersebut, terutama di kawasan pegunungan, berpotensi dapat mengakibatkan bencana hidrometeorologi, seperti banjir dan longsor.

Lebih lanjut ia mengatakan secara umum cuaca di Sumatera Utara pada pagi hari rata-rata cerah berawan.

Baca juga: BMKG: Sumatera Utara berpotensi  hujan pada sore dan malam hari

Siang dan sore hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara.

Hujan lebat berpotensi dapat terjadi di daerah Langkat, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Deli Serdang, Simalungun, Pematang Siantar, Samosir dan sekitarnya.

Malam hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara, yaitu potensi hujan lebat ada di  daerah Langkat, Binjai, Humbahas, Samosir, Dairi, Karo, Taput, Padang Lawas, Madina, P.adang Sidempuan, Tapanuli Selatan dan sekitarnya.

Sedangkan pada dini hari berawan di seluruh wilayah Sumatera Utara.

Sementara suhu udara berada pada kisaran  17–33 derajat Celsius, dengan kelembapan udara 60 – 98 persen, dan angin berhembus dari Tenggara - Barat Daya berkecepatan 10 – 30 km/jam.

Baca juga: BMKG prediksikan cuaca cerah berawan di sejumlah kota besar

Pewarta: Juraidi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023