Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksikan cuaca cerah berawan berpotensi mendominasi di sejumlah kota besar di Indonesia pada Minggu.
 
BMKG dalam laman resmi yang disiarkan Minggu menyatakan kondisi cuaca cerah berawan diprakirakan terjadi di Serang, Yogyakarta, Gorontalo, Jambi, Bandung, Semarang, Banjarmasin, Palangka Raya, Samarinda, Tarakan, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Mataram, Kupang, Pekanbaru, Palembang, dan Manado.
 
Adapun cuaca cerah berpotensi terjadi di Denpasar, Jakarta, Bengkulu, Bandung, Surabaya, Pontianak, dan Makassar.
 
Sedangkan cuaca berawan diprediksi terjadi di Ambon, Manokwari, Mamuju, Kendari , Medan, dan Padang, serta Jayapura dengan awan yang lebih tebal.

Baca juga: BMKG prakirakan karhutla masih berpotensi terjadi di sejumlah wilayah
 
Sedangkan hujan diprakirakan turun di Bandar Lampung dan Ternate, dengan intensitas ringan, serta Banda Aceh dengan intensitas sedang.
 
Memasuki malam hari, cuaca cerah berawan masih mendominasi potensi cuaca di kota-kota besar di Indonesia seperti di Bengkulu, Jakarta, Gorontalo, Jambi, Bandung, Semarang, Tarakan, Bandar Lampung, Mataram, Pekanbaru, Kendari, dan Manado.
 
Adapun cuaca berawan berpotensi terjadi di Yogyakarta, Serang, Palangka Raya, Tanjung Pinang, Ambon, Ternate, Jayapura, Makassar, dan Padang.

Baca juga: BMKG sebut sejumlah wilayah di Indonesia harus waspada cuaca ekstrem
 
Kemudian, cuaca cerah diprakirakan terjadi di Denpasar, Surabaya, Pontianak, Banjarmasin,, Pangkal Pinang, Kupang, dan Palembang.
 
Sedangkan hujan diprakirakan turun di Banda Aceh, Manokwari, Samarinda, dan Medan dengan intensitas ringan.
 
Meskipun demikian, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyebutkan bahwa sejumlah wilayah di Indonesia harus mewaspadai adanya potensi cuaca ekstrem seperti puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dan sebagainya dalam beberapa hari ini.
 
Potensi tersebut, kata Dwikorita, menimbulkan dampak mulai dari banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, hingga jalan licin.

Baca juga: BMKG ingatkan masyarakat tiga kabupaten di NTT waspada angin kencang
 
Beberapa wilayah yang harus mewaspadai adanya potensi cuaca ekstrem ini meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jawa Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023