Melalui Pekan Literasi Keuangan diharapkan mampu meningkatkan 'awareness' dan pemahaman masyarakat
Solo (ANTARA) -
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Surakarta berupaya meningkatkan literasi keuangan kalangan mahasiswa agar memiliki pemahaman yang baik atas manfaat dan risiko dari produk serta layanan jasa keuangan.
 
Kepala OJK Surakarta Eko Yunianto di Solo, Jawa Tengah, Minggu, mengatakan berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) Tahun 2022 menunjukkan secara nasional indeks literasi keuangan sebesar 49,68 persen dan indeks inklusi keuangan sebesar 85,10 persen.
 
Oleh karena itu, menurut dia, untuk terus meningkatkan literasi keuangan merupakan tugas bersama antara pemerintah, regulator, industri jasa keuangan (IJK) dan akademisi.
 
Ia mengatakan salah satu yang sudah dilakukan dengan universitas yakni belum lama ini OJK menyelenggarakan Pekan Literasi Keuangan se-Solo Raya di Kampus FEBI UIN RM Said Surakarta.

Baca juga: Perkembangan pasar modal di Solo Raya tunjukkan tren positif

Baca juga: OJK tegaskan kasus maba UIN Surakarta gunakan PayLater, bukan pinjol
 
"Melalui Pekan Literasi Keuangan diharapkan mampu meningkatkan 'awareness' dan pemahaman masyarakat khususnya civitas akademika mengenai lembaga, produk, dan layanan jasa keuangan yang dimiliki Industri Jasa Keuangan di Indonesia," katanya.
 
Sementara itu, Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) Solo Raya mendukung penuh upaya tersebut.
 
Ketua FKIJK Solo Raya Djaka Nur Sahid mengatakan juga memiliki komitmen untuk mendukung Pekan Literasi Keuangan.
 
"Apalagi ini melibatkan semua industri dari sektor perbankan, pasar modal, dan industri keuangan non-bank se-Solo Raya," katanya.
 
Ia mengatakan kegiatan tersebut juga memberikan kesempatan kepada mahasiwa untuk menggali informasi terkait industri jasa keuangan termasuk investasi.

Baca juga: OJK dalami kasus pinjol kegiatan mahasiswa baru UIN Surakarta

Baca juga: OJK Surakarta catat pertumbuhan positif kinerja perbankan
 
 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023