Penajam, Kaltim (ANTARA) - Tim gabungan dari Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, berhasil memadamkan lima lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kabupaten setempat yakni di Desa Babulu Laut, Babulu Darat, Api-Api, Nenang, dan Sungai Parit.

"Karhutla tersebut terjadi kemarin (Minggu, 3/9) dengan pemadaman oleh tim gabungan sampai malam, terutama di Desa Babulu Laut," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten PPU Budi Santoso di Samarinda, Senin.  

Tim gabungan yang turut memadamkan kebakaran tersebut adalah BPBD, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Pos Babulu, DPKP Pos Waru, DPKP Pos Long Kali, Koramil Babulu, Polsek Babulu.

Kemudian Babinsa dan Bhabinkamtibmas masing-masing wilayah, Satpol Pamong Praja, aparat Kecamatan Babulu, aparatur Desa Babulu, Relawan Damkar Long Kali, dan warga setempat.

Ia menjelaskan, untuk karhutla di Desa Babulu Laut terjadi RT 13 dan 14 dengan waktu kejadian sekira pukul 10.00 WITA dan selesai pemadaman hingga pendinginan pada pukul 20.50 WITA, untuk asal api masih dalam penyelidikan.

Luas area yang terbakar di Babulu Laut ini sekitar 20 hektare (ha), sedangkan material yang terbakar merupakan lahan gambut tipis dengan semak belukar dan pepohonan kayu galam di atasnya.

"Ketika mengetahui ada karhutla, Pusdalops BPBD Kabupaten PPU langsung berkoordinasi dengan semua unsur terkait sambil menuju lokasi untuk melakukan pemadaman bersama," katanya.

Sedangkan kendala saat pemadaman antara lain sebagian lokasi karhutla tidak dapat dilalui kendaraan roda empat, jalan masuk ke titik api cukup jauh sehingga mobilisasi peralatan hanya menggunakan kendaraan roda dua dan berjalan kaki, termasuk angin kencang pun mempercepat meluasnya lokasi kebakaran.

Budi juga mengatakan, setelah proses pemadaman dan pendinginan sampai malam, tim gabungan kemudian melakukan pengecekan lokasi kebakaran untuk memastikan tidak ada potensi munculnya titik api, baru kemudian kembali ke posko masing-masing.

Sedangkan kebakaran di lokasi yang beda antara lain di Desa Babulu Darat, waktu kejadian karhutla sekira pukul 09.00 WITA dengan pemadaman selesai dilakukan pukul 12.45 WITA, sementara luas area terbakar sekitar 2 ha.

"Sedangkan karhutla di RT 01 Kelurahan Sungai Parit, kejadian awal diprakirakan pukul 14.20 WITA dan mampu dipadamkan petugas dari berbagai unsur dalam waktu singkat, sehingga area yang terbakar hanya sekitar 300 meter persegi," kata Budi.

Baca juga: BMKG deteksi 182 titik panas di Kalimantan Timur

Baca juga: BPBD Penajam bersama para pihak padamkan tiga titik karhutla

Baca juga: Tim gabungan berhasil padamkan karhutla di Kabupaten PPU

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023