Yerusalem (ANTARA) - Merek-merek China merajai penjualan kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di Israel dalam delapan bulan pertama 2023, demikian data yang dirilis oleh Asosiasi Importir Kendaraan Israel pada Minggu (3/9).

Merek mobil listrik terlaris di Israel dipegang oleh produsen mobil asal China, BYD, yang menjual 12.168 unit mobil, khususnya kendaraan subcompact crossover SUV Atto 3, selama periode Januari-Agustus tahun ini.
 
   Calon pembeli memperhatikan mobil Atto 3 produk BYD di sebuah show room di Tel Aviv, Israel, pada 17 Juli 2023. (Xinhua/Chen Junqing)

Sementara itu, BYD bergerak naik satu tingkat ke posisi empat dalam peringkat penjualan mobil secara keseluruhan di Israel, yang mencakup mobil berbahan bakar bensin dan listrik.   

Geely Auto Group, produsen mobil China lainnya, menjual total 5.581 unit kendaraan compact crossover Geometry C pada periode yang sama, menempati posisi kedua dalam penjualan EV di Israel.
 
   Foto yang diambil pada 21 Juni 2023 ini menunjukkan model mobil listrik Geely Geometry C pada sebuah show room di Tel Aviv, Israel. (Xinhua/Chen Junqing).

Produsen mobil asal Amerika Serikat Tesla berada di posisi ketiga dengan 4.948 unit EV yang terjual, diikuti oleh Hyundai Motor dari Korea Selatan dengan 3.879 unit.

Dalam hal penjualan mobil berbahan bakar bensin, produsen mobil China Chery Automobile Corporation, yang memasuki pasar Israel pada akhir 2022, menduduki posisi ketujuh dengan 9.820 unit mobil yang terjual.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023