Beijing (ANTARA) - Kementerian Perdagangan China pada Sabtu (2/9) mengumumkan bahwa 16 kawasan e-commerce akan didaftarkan sebagai basis percontohan e-commerce nasional tahun ini.

Saat berbicara dalam sebuah konferensi e-commerce nasional, Chen Chunjiang, Asisten Menteri Perdagangan China, mengatakan bahwa ekonomi digital telah memberikan dorongan yang kuat terhadap modernisasi China dan menyoroti peran penting sektor e-commerce dalam perekonomian dan pembangunan negara tersebut.

Sektor e-commerce memiliki skala pengembangan terbesar dan cakupan terluas dalam ekonomi digital, kata Chen, seraya menambahkan bahwa sektor e-commerce China telah mengalami perkembangan yang inovatif, dengan skala yang diperluas dan kualitas pengembangan yang ditingkatkan.

Data resmi menunjukkan bahwa ekonomi digital China melampaui angka 50 triliun yuan (1 yuan = Rp2.100) untuk kali pertama pada 2022, menyumbang 41,5 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Sektor-sektor yang berhubungan dengan e-commerce di negara itu telah menciptakan sekitar 70 juta lapangan pekerjaan, dan penjualan retail daring China menduduki peringkat pertama di dunia selama 10 tahun berturut-turut, papar data tersebut.

China akan memaksimalkan pemanfaatan peran basis-basis percontohan e-commerce nasional itu sebagai pemandu dan mengembangkan klaster-klaster industri e-commerce serta perusahaan-perusahaan terkemuka yang memiliki daya saing internasional untuk mendorong perkembangan ekonomi riil, kata Chen.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023