Beijing (ANTARA) - China meluncurkan sebuah kampanye untuk mengumpulkan kekuatan para akademisi dan pakar guna mempromosikan popularisasi sains nasional yang berkualitas tinggi.

Tur kuliah akademisi dan pakar bertajuk "Sains dan China" mengeluarkan sebuah proposal pada upacara peluncurannya pada Sabtu (2/9), menyerukan akademisi China dari Akademi Ilmu Pengetahuan China (Chinese Academy of Sciences/CAS) dan Akademi Teknik China (Chinese Academy of Engineering/CAE) untuk memainkan peran utama dalam upaya popularisasi sains nasional serta mendorong pertukaran dan kerja sama internasional.

Inisiatif ini bertujuan untuk melibatkan 1.000 lebih akademisi dari kedua institut tersebut dalam lebih dari 1.000 kegiatan popularisasi sains setiap tahunnya guna menyampaikan berita perkembangan inovasi China.

Pada pertemuan laporan pertama yang digelar pada Sabtu itu, delapan akademisi dari CAS dan CAE membuat sejumlah laporan tentang astronomi, geografi, kehidupan, dan informasi.

Tur kuliah akademisi dan pakar bertajuk "Sains dan China" tersebut diluncurkan pada Desember 2002. Sejak saat itu, lebih dari 2.000 kegiatan popularisasi sains telah digelar di seluruh China. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023