Beijing (ANTARA) - Industri perangkat lunak dan layanan teknologi informasi China mencatat ekspansi yang kuat pada kuartal pertama (Q1) tahun ini, melaporkan pertumbuhan dua digit dalam hal pendapatan dan laba, menurut data resmi.

Total laba sektor perangkat lunak China melonjak 13,8 persen secara tahunan (year on year/yoy) menjadi 318,8 miliar yuan (1 yuan = Rp2.221) selama periode tersebut, sementara pendapatan gabungan naik 11,9 persen menjadi 2,8 triliun yuan, menurut Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China.

Subsektor layanan teknologi informasi meraup pendapatan sebesar 1,84 triliun yuan pada Q1, naik 12,9 persen (yoy) dan menyumbang 65,7 persen dari keseluruhan pendapatan industri.

Secara khusus, pendapatan gabungan dari komputasi awan (cloud) dan layanan mahadata (big data) naik 11,9 persen (yoy) menjadi 304,7 miliar yuan.

Data tersebut juga mengungkap bahwa pendapatan dari produk perangkat lunak meningkat 9,4 persen (yoy), sementara pendapatan dari bidang keamanan informasi mencatat pertumbuhan 11,6 persen (yoy) pada periode yang sama. 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024