Jakarta (ANTARA) - Sony meluncurkan pembaruan perangkat lunak untuk konsol PS5 yang meningkatkan keluaran suara dan mikrofon pada pengontrol DualSense, menambahkan petunjuk dan reaksi emoji ke fitur Berbagi Layar, dan mencakup kemampuan untuk menyesuaikan kecerahan indikator daya.

Pembaruan itu pertama kali tersedia untuk versi beta bulan lalu dan diluncurkan secara global untuk semua pemilik PS5 pada Kamis, dilansir dari The Verge.

Baca juga: Sony menurunkan proyeksi penjualan konsol PlayStation 5

Sony memperbarui firmware pada pengontrol nirkabel DualSense dan DualSense Edge sebagai bagian dari pembaruan ini untuk meningkatkan volume keluaran suara dalam gim dan obrolan suara.

Mikrofon pada kedua pengontrol DualSense juga telah ditingkatkan, berkat model pembelajaran mesin baru yang menghilangkan kebisingan latar belakang seperti saat tombol ditekan.

Panduan untuk menyesuaikan kecerahan indikator daya PS5, pengguna perlu membuka Pengaturan > Sistem > Bip dan Cahaya, lalu pilih Kecerahan.

Baca juga: Gim Indiana Jones dipertimbangkan untuk tersedia di PS5

Fungsi Berbagi Layar di PS5 juga mendapatkan pointer dan reaksi emoji, memungkinkan teman menggambar garis instruksi di layar saat bermain bersama untuk menyorot suatu area atau objek.

Pemain juga dapat mengirimkan reaksi emoji kepada "gameplay host" Berbagi Layar, cocok jika pemain ingin merayakan penyelesaian bos. Bagi yang tidak suka dapat menonaktifkan fitur petunjuk dan emoji tadi jika dirasa terlalu mengganggu.

Baca juga: Pembaruan PlayStation 5 blokir perangkat "cheat" Cronus Zen

Pembaruan aplikasi seluler PlayStation juga akan hadir akhir Maret ini untuk memungkinkan pengguna iOS dan Android menggunakan interaksi Berbagi Layar yang baru ini.

Sony juga mengizinkan pemilik PS5 untuk menyesuaikan kecerahan indikator daya PS5 sebagai bagian dari pembaruan ini. pemain dapat memilih dari tiga opsi baru: redup, sedang, dan terang (default). Namun, kita tidak dapat menonaktifkan indikator daya ini sepenuhnya.

November ini, konsol gim tersebut akan memasuki usia yang ke empat tahun.

Baca juga: Jelang peluncuran PS5 "Marvel's Spider-Man 2" Sony gelar pameran mini

Baca juga: Sony PlayStation 5 baru meluncur, tampil lebih kecil dan ringan

Penerjemah: Abdu Faisal
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024