Jakarta (ANTARA) - Menurut paten yang baru ditemukan, Sony dilaporkan sedang mengerjakan versi baru controller atau pengontrol DualSense mereka untuk PlayStation 5 (PS5), dengan fitur pemanas dan pendingin.

Seperti dilaporkan Gizchina, Sabtu, DualSense baru akan revolusioner dan ambisius. Dengan kemampuannya memanas dan membuat pemain merasakan panasnya pada bagian-bagian tertentu saat permainan.

Getaran akan menyebabkan pengontrol memanas atau mendingin tergantung pada apa yang terjadi dalam game. Misalnya, saat menjelajahi daerah gurun, seseorang bisa merasakan panasnya matahari di tangan. Atau dengan memegang benda beku, seseorang bisa merasakan dinginnya.

Baca juga: Sony kenalkan pengontrol PS5 bagi penyandang disabilitas di CES 2023

Fitur ini juga berguna jika pemain sedang baku tembak, pengontrol dapat memanas untuk mensimulasikan panasnya tembakan. Ini akan menambah tingkat realisme yang sebelumnya belum pernah ada pada pengalaman bermain game, membiarkan pemain merasa seolah-olah berada di tengah-tengah aksi.

Paten menunjukkan bahwa plastik pengontrol DualSense akan diganti dengan bahan seperti gel untuk menghindari risiko panas berlebih dan kerusakan pada plastik dan komponen internal pengontrol.

Baca juga: Harga PS5 naik di sejumlah negara

Bahan seperti gel baru ini akan memungkinkan pemain merasakan perubahan suhu di dunia game. Sebuah terobosan baru dalam dunia game yang menambah pengalaman bermain.

Penting untuk dicatat bahwa ini hanyalah paten. Dan para pemain seharusnya tidak menganggapnya sebagai hasil masa depan yang pasti. Perusahaan biasanya selalu mengajukan paten, namun banyak yang tidak pernah dipublikasikan.

Meski begitu, paten kali ini cukup kuat, dan jelas bahwa Sony semakin fokus untuk menciptakan pengalaman yang melibatkan lebih banyak panca indera bagi para pemain.

Baca juga: Cara main game PS5 di konsol PS4

Penerjemah: Pamela Sakina
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023