Jakarta (ANTARA) - Sony menurunkan proyeksi penjualan konsol PlayStation 5 (PS5) menjadi 21 juta unit untuk tahun fiskal 2023 yang berakhir di bulan Maret 2024, dari yang semula diproyeksikan sebanyak 25 juta unit.

Laporan The Verge pada Rabu menyebutkan pemangkasan itu diumumkan Sony setelah membukukan pendapatan pada kuartal ketiga tahun 2023 yang menunjukkan angka penjualan yang masih di bawah target meskipun telah melakukan promosi masif.

Tercatat, Sony menjual 8,2 juta unit PS5 selama kuartal ketiga tahun fiskal 2023 yang berakhir pada bulan Desember 2023, dibandingkan saat periode yang sama di tahun lalu yang mencapai 6,3 juta unit.

Kendati demikian angka penjualan tersebut, kurang lebih satu juta unit lebih rendah dibandingkan angka yang telah diproyeksikan sebelumnya.

Baca juga: Jelang peluncuran PS5 "Marvel's Spider-Man 2" Sony gelar pameran mini

Baca juga: Sony akan merevolusi DualSense PS5 dengan pemanas dan pendingin


Perilisan judul gim dari waralaba besar seperti "Spider-Man 2", penjualan sejumlah judul gim yang tinggi, dan peluncuran PS5 versi lebih ramping belum cukup untuk mencapai target proyeksi penjualan konsol tersebut.

Pada kuartal ketiga 2023, pendapatan divisi gim Sony sebesar 1,4 triliun yen, naik 16 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Akan tetapi, pendapatan operasional turun 26 persen menjadi 86,1 miliar yen karena promosi pada kuartal ketiga yang berakhir pada 31 Desember 2023.

Pihak Sony menyampaikan, perusahaan itu berencana untuk memperkuat profitabilitas dari penjualan unit PS5 saat konsol itu mendekati ulang tahun keempatnya.

"Ke depan, PS5 akan memasuki tahap akhir dari siklus hidupnya," kata Senior Vice President Sony, Naomi Matsuoka.

"Dengan demikian, kami akan lebih menekankan pada keseimbangan antara profitabilitas dan penjualan. Untuk alasan ini, kami memperkirakan laju penjualan tahunan PS5 akan turun mulai tahun fiskal berikutnya," tambahnya.

Sony juga mengungkapkan tidak berencana untuk merilis gim dari judul waralaba besar pada tahun fiskal berikutnya.

Persaingan di pasar konsol diperkirakan akan semakin ketat pada tahun 2024. Pasalnya, akhir tahun ini, Microsoft dikabarkan akan merilis Xbox Series S versi lebih baru serta Xbox Series X dengan fitur tanpa disk yang dikenal sebagai Brooklin, dengan kapasitas penyimpanan dua kali lipat dari model yang ada.

Sementara itu, Nintendo juga diperkirakan akan merilis penerus dari konsol Switch yang sudah menginjak usia tujuh tahun. Sony juga dikabarkan siap menghadirkan konsol baru, yakni PS5 Pro pada akhir 2024.

Baca juga: Sony PlayStation 5 baru meluncur, tampil lebih kecil dan ringan

Baca juga: Harga PS5 naik di sejumlah negara

 

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024