Jakarta (ANTARA) - Sony meluncurkan pembaruan PlayStation 5 (PS5) terbaru yang meningkatkan kebisaan pengontrolnya (controller) DualSense hingga kemampuan berbagi layar (share screen), sebagaimana dilansir TheVerge, Rabu (13/3).

Setelah sistem diperbarui (system update), speaker dan mikrofon DualSense menjadi lebih baik. Pasalnya Sony telah memperbarui firmware pada controller nirkabel DualSense dan DualSense Edge sebagai bagian dari pembaruan ini untuk meningkatkan volume output suara dalam gim dan obrolan suara.

Mikrofon pada kedua controller juga telah ditingkatkan berkat model pembelajaran mesin (machine learning) baru yang dapat meniadakan kebisingan latar belakang seperti penekanan tombol.

Baca juga: Sony luncurkan pembaruan perangkat lunak untuk PS5

Selain itu, pembaruan juga menambahkan petunjuk dan reaksi emoji pada fitur Berbagi Layar, dan menyertakan kemampuan untuk menyesuaikan kecerahan indikator daya PS5.

Pembaruan ini pertama kali tersedia bagi para penguji bulan lalu dan diluncurkan secara global untuk semua pemilik PS5 pada Rabu (13/3).

Fungsi Berbagi Layar pada PS5 juga mendapatkan petunjuk dan reaksi emoji, yang memungkinkan teman untuk menggambar garis petunjuk pada layar bersama untuk menyorot area atau objek.

Baca juga: Sony menurunkan proyeksi penjualan konsol PlayStation 5

Pemirsa juga dapat mengirim reaksi emoji ke tuan rumah berbagi layar. Pengguna dapat menonaktifkan petunjuk dan emoji ini jika dirasa terlalu mengganggu.

Pembaruan aplikasi seluler PlayStation akan hadir akhir bulan ini untuk memungkinkan pengguna iOS dan Android menggunakan interaksi Berbagi Layar yang baru ini.

Sony pun mengizinkan pemilik PS5 untuk menyesuaikan kecerahan indikator daya PS5 sebagai bagian dari pembaruan ini. Pengguna dapat memilih dari tiga opsi baru: redup, sedang, dan terang (default). Namun, tidak dapat menonaktifkan indikator daya sepenuhnya.

Baca juga: Pembaruan PlayStation 5 blokir perangkat "cheat" Cronus Zen

Baca juga: Sony PlayStation 5 baru meluncur, tampil lebih kecil dan ringan


Penerjemah: Pamela Sakina
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024