Canberra (ANTARA) - Hari Bahasa Mandarin pertama di Australia diperingati di Canberra, ibu kota Australia.

Hari Bahasa Mandarin diprakarsai oleh Federasi Guru Bahasa Mandarin Australia (Chinese Language Teachers' Federation of Australia/CLTFA), dan perayaan untuk edisi pertamanya, yang jatuh setiap tanggal 1 September, diselenggarakan pada Sabtu (2/9) di Canberra.

Menurut Li Fuxin, presiden Dewan Nasional CLTFA saat ini, Gubernur Jenderal Australia David Hurley mengirimkan surat ucapan selamat atas diselenggarakannya acara tersebut, begitu pula dengan lembaga-lembaga pendidikan China dan Australia.

Saat menyampaikan pidato atas nama dewan penyelenggara Hari Bahasa Mandarin, Li berterima kasih kepada semua pihak atas dukungan mereka terhadap acara tersebut serta pendidikan bahasa Mandarin di Australia, khususnya di wilayah Canberra.

Menteri Urusan Multikultural Wilayah Ibu Kota Australia (Australian Capital Territory/ACT) Tara Cheyne menyatakan dukungannya terhadap pendidikan bahasa Mandarin sekaligus mengumumkan pembukaan acara perayaan tersebut dalam bahasa Mandarin.

Hampir 400 orang dari berbagai lapisan masyarakat di Canberra menghadiri perayaan Hari Bahasa Mandarin. Guru dan siswa dari sekolah-sekolah negeri, swasta, dan komunitas sekolah bahasa Mandarin di Canberra, serta sejumlah kelompok komunitas seni China, tampil dalam perayaan tersebut, mempertunjukkan budaya China.

CLTFA, yang didirikan pada Juni 1994 dalam konferensi pertamanya di Melbourne, merupakan lembaga guru bahasa Mandarin nasional di Australia. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023