Tidak mungkin kita membangun sesuatu itu menghindar dari keamanan, itu makanya prosesnya bertahap, gak mungkinlah negara membangun sesuatu ingin mencelakakan rakyatnya
Jakarta (ANTARA) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan bahwa moda transportasi umum LRT Jabodebek tetap aman bagi masyarakat.

"Tidak mungkin kita membangun sesuatu itu menghindar dari keamanan, itu makanya prosesnya bertahap, gak mungkinlah negara membangun sesuatu ingin mencelakakan rakyatnya," ujar Erick saat ditemui di Menara BRILiaN, Jakarta Selatan, Senin.

Menanggapi sejumlah gangguan teknis yang dikeluhkan mengenai pengoperasian LRT Jabodebek,
Erick mengatakan proses perbaikan terus dilakukan secara bertahap karena moda itu merupakan proyek transportasi umum baru yang ada di Indonesia.

"Tapi proses perbaikan terus berlanjut namanya juga baru bikin tapi percayalah orang itu aman, ada prosesnya, makanya kita terus jaga uji cobanya," kata Erick.

Selain itu, Erick menyampaikan penggunaan transportasi umum dapat mengurangi tingkat polusi. Hal tersebut dia sampaikan karena kendaraan pribadi merupakan salah satu faktor dari terjadinya polusi.

"Salah satu dari tekanan polusi itu adalah kendaraan yang kita pakai sendiri itu sampai 44 persen. Jadi kalau kita tidak migrasi ke fasilitas publik, kendaraan publik, seperti LRT dan MRT dengan segala kelebihan kekurangannya akhirnya apa? Kita memanjakan diri dan tidak mendorong yang namanya perbaikan polusi," ucap Erick.

Sebelumnya, pada 30 Agustus lalu, PT KAI sebagai operator LRT Jabodebek menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat terkait dengan adanya berbagai masalah teknis yang mengganggu kenyamanan penumpang seperti hentakan saat pengereman, pintu kereta tidak dapat tertutup, AC dan listrik mati, serta beberapa fasilitas papan informasi yang belum berfungsi secara maksimal.

LRT Jabodebek yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 28 Agustus melayani masyarakat di 18 stasiun yakni Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, dan Jatimulya.

LRT Jabodebek memiliki 2 lintasan perjalanan yaitu Cibubur yang melewati Stasiun Dukuh Atas - Cawang - Harjamukti dan Bekasi dengan rute Stasiun Dukuh Atas - Cawang - Halim - Jatimulya.

Baca juga: Wamen BUMN: Evaluasi LRT dilakukan rutin setiap hari

Baca juga: PT INKA berkomitmen jaga keandalan operasional LRT Jabodebek

Baca juga: Presiden janji evaluasi pengoperasian LRT Jabodebek

 

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023