Pada 2022, volume perdagangan antara Israel dan Jepang berjumlah 3,39 miliar dolar AS
Jerusalem (ANTARA) - Israel dan Jepang pada Senin (4/9/2023) menandatangani dokumen kesepahaman untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dan inovasi, kata Kementerian Ekonomi dan Industri Israel, dalam sebuah pernyataan.

Dokumen tersebut ditandatangani di Tel Aviv oleh Menteri Ekonomi Israel Nir Barkat dan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang Yasutoshi Nishimura, yang mengunjungi Israel bersama dengan delegasi bisnis yang terdiri atas 80 perusahaan Jepang.

Perjanjian kerja sama antara perusahaan-perusahaan Jepang dan Israel juga ditandatangani di hadapan para menteri.

Barkat mengumumkan kunjungan resmi ke Jepang bulan depan, yang mana ia akan memimpin delegasi bisnis Israel dan bertemu dengan pejabat pemerintah Jepang dan perwakilan bisnis.

Pada 2022, volume perdagangan antara Israel dan Jepang berjumlah 3,39 miliar dolar AS, dengan 2,075 miliar AS di antaranya merupakan impor Israel dari Jepang dan sisanya adalah ekspor Israel ke Jepang, menurut pernyataan tersebut.

Ekspor utama Israel ke Jepang adalah mesin, peralatan listrik, peralatan optik dan medis, produk kimia dan produk makanan, sedangkan Jepang terutama mengekspor mesin, peralatan listrik, dan kendaraan ke Israel.

Baca juga: Merek China rajai penjualan EV di Israel pada Januari-Agustus 2023
Baca juga: Tel Aviv resmikan kereta ringan pertama
Baca juga: Jepang ingin tingkatkan investasi di Israel

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023