Subsidi BBM supaya meringankan beban masyarakat, sekaligus menjaga arus distribusi.
Manokwari (ANTARA) - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Papua Barat terus berupaya menjaga ketersediaan stok bahan pangan untuk mengantisipasi dampak perubahan iklim El Nino di provinsi tersebut.

Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Papua Barat Melkias Werinussa, di Manokwari, Selasa, mengatakan langkah strategis yang dirumuskan oleh TPID meliputi peningkatan produksi beras, menggelorakan gerakan menanam tanaman pangan lokal, dan menjaga rantai distribusi kebutuhan pokok.

"Semua upaya bisa berjalan maksimal jika provinsi dan kabupaten saling bersinergi," kata Melkias.

Ia menjelaskan bahwa TPID juga merekomendasikan subsidi transportasi darat antarkabupaten untuk melancarkan distribusi bahan pangan.

Hal itu berkaitan dengan salah satu komoditas penyumbang inflasi tahunan Manokwari pada Agustus 2023 adalah bahan bakar minyak (BBM) dengan andil 0,44.

"Subsidi BBM supaya meringankan beban masyarakat, sekaligus menjaga arus distribusi," ujar dia.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Papua Barat Roni Cahyadi menuturkan perluasan tanaman pangan yang diikuti dengan gerakan menanam berdampak positif terhadap ketersediaan pasokan pangan untuk jangka panjang.

Papua Barat secara keseluruhan memiliki risiko rendah terhadap fenomena perubahan iklim El Nino, meski demikian langkah antisipatif perlu dilakukan.

"Lahan pertanian yang luas akan mengurangi risiko kekurangan bahan pangan," kata dia lagi.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, katanya pula, Manokwari mengalami inflasi tahunan 6,40 persen (yoy) lebih tinggi dibandingkan inflasi Juli 2023 yang tercatat 4,98 persen (yoy).

Ada tiga kelompok pengeluaran yang memiliki andil terbesar inflasi Manokwari, yakni makanan dan minuman 4,49 persen, transportasi 0,94 persen dan perawatan jasa pribadi 0,37 persen.

"Inflasi tahunan Manokwari sudah di atas target nasional 3 persen ± 1 persen," ujar dia pula.

Menurut dia, kenaikan harga BBM pada September 2023 berdampak terhadap peningkatan inflasi administered prices.

Karena itu, TIPD Papua Barat merumuskan strategi mengimbangi inflasi administered prices dengan menjaga kestabilan inflasi inti maupun volatile food.

"TPID bisa intervensi inflasi harga pangan untuk mengcounter inflasi harga barang dan jasa yang diatur pemerintah," kata Roni pula.

Kepala Perum Bulog Cabang Manokwari Stephanus memastikan stok beras cadangan bantuan pemerintah untuk lima kabupaten, yakni Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, Teluk Bintuni, dan Teluk Wondama aman hingga tiga bulan ke depan.

"Stok beras di gudang Bulog ada 1.000 ton dan akan masuk 2.500 ton," ujar Stephanus.
Baca juga: TPID Sulampua inisiasi kerja sama perdagangan antar-daerah

Pewarta: Fransiskus Salu Weking
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023