Tanggung jawab ASEAN-BAC untuk memberikan pengakuan dan penghormatan atas berbagai capaian telah diraih.
Jakarta (ANTARA) - ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) kembali menyelenggarakan penganugerahan ASEAN Business Awards (ABA) 2023 sebagai wujud apresiasi dan perhatian kepada dunia usaha dan individu yang mengedepankan inovasi, keberlanjutan, dan inklusivitas di kawasan ASEAN.

“Ini menjadi tanggung jawab ASEAN-BAC untuk memberikan pengakuan dan penghormatan atas berbagai capaian yang telah diraih. Adalah sebuah langkah positif yang dilakukan Indonesia untuk memberikan penghargaan atas capaian kinerja industri, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), dan individu,” kata Ketua ASEAN-BAC 2023 Arsjad Rasjid dalam keterangan resminya, di Jakarta, Selasa.

Arsjad yang juga Ketua Umum Kadin Indonesia itu, menilai dunia usaha menjadi salah satu pilar penting untuk memajukan perekonomian ASEAN.

ASEAN-BAC secara konsisten memberikan apresiasi kepada para pelaku usaha yang selama ini menjadi penggerak perusahaan maupun usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) yang telah menciptakan kinerja positif, inovasi, inklusi, dan pertumbuhan berkelanjutan di ASEAN.

Sebagai Ketua ASEAN-BAC tahun 2023, katanya lagi, Indonesia berada di garda terdepan untuk memberikan apresiasi kepada para pihak yang dinilai berjasa di berbagai sektor ekonomi.

“Dunia usaha harus mendapatkan porsi yang seharusnya, karena berperan penting membantu pemerintah meningkatkan perekonomian dan daya tarik kawasan,” ujarnya pula.

Mengusung tema “Menyatukan Visi, Mendorong Pertumbuhan,” ABA 2023 terdiri dari delapan kategori penghargaan, mencakup lima pilar yang dikhususkan untuk perusahaan besar dan skala UMKM. Sedangkan, satu pilar lainnya adalah untuk kategori individu.

Secara keseluruhan terdapat 13 kategori penghargaan di berbagai sektor dan bidang. Lima pilar bagi perusahaan dan UMKM terdiri atas pilar Transformasi Digital, Pembangunan Berkelanjutan, Ketahanan Pangan, Ketahanan Kesehatan, Fasilitasi Perdagangan dan Investasi, serta tiga pilar bagi individu.

Lebih lanjut Arsjad menyampaikan bahwa selain menganugerahkan penghargaan, ABA 2023 juga menjadi ajang pameran warisan budaya yang kaya dan beragam di kawasan ASEAN. dengan menyuguhkan pertunjukan budaya inovatif yang merangkum semangat dan tradisi kawasan.

“Yang membedakan ABA 2023 adalah kehadiran para kepala negara, menteri, dan pemimpin bisnis berpengaruh dari berbagai negara. Negara-negara di ASEAN semakin mengangkat pamornya untuk membangun kawasan yang lebih kuat dan sejahtera,” kata Arsjad.
Baca juga: ASEAN-BAC 2023 hasilkan delapan proyek warisan
Baca juga: ASEAN-BAC dukung penguatan ketahanan pangan kawasan


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023