Kami fokuskan pembangunan Gua Kiskendo pada tahun 2023 ini
Kulon Progo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menata ulang Gua Kiskendo agar dapat bersaing dengan objek wisata baru sehingga dapat mendongkrak kunjungan wisatawan atau turis ke objek wisata perut bumi itu.

Penjabat Bupati Kulon Progo Ni Made Dwipanti Indrayanti di Kulon Progo, Selasa, mengatakan Pemkab Kulon Progo berupaya membangkitkan kembali minat masyarakat mengunjungi Gua Kiskendo.

"Kami melihat dari sisi penataan perlu diperindah supaya menarik wisatawan. Orang jauh-jauh datang untuk melihat daya tarik apa, selain gua. Termasuk sendratari menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung," kata Ni Made saat meninjau Gua Kiskendo.

Ia juga berpesan kepada Dinas Pariwisata untuk menjaga toilet supaya bersih dan bagus. Orang berpikir kalau toilet bagus dan bersih, yang lainnya juga bagus. Gua Kiskendo bukan destinasi buatan sehingga harus didukung infrastruktur pendukung.

"Kondisinya harus dijaga agar tetap alami dan lestari," kata Ni Made.

Baca juga: InJourney adakan pelatihan pelayanan pariwisata prima di Kulon Progo

Baca juga: Dinas Pertanian Kulon Progo berikan bantuan 100 sapi kepada peternak


Ia berharap setelah ada penataan dan pengelolaan yang lebih baik, Gua Kiskendo bisa menjadi tujuan wisata masyarakat.

"Tidak semua orang suka gua, hanya wisatawan minat khusus. Kemudian, harus ditambah diorama dan fasilitas informasi yang akurat," katanya.

Sementara itu, Kepala Dispar Kulon Progo Joko Mursito mengatakan Gua Kiskendo akan dikembangkan menjadi taman wisata.

"Kami fokuskan pembangunan Gua Kiskendo pada tahun 2023 ini," ujar Joko.

Ia mengatakan Gua Kiskendo merupakan destinasi wisata tematik, terutama budaya dan geoheritage.

Tema ini diberikan karena Gua Kiskendo kuat dengan kedua unsur tersebut. Khususnya memanfaatkan keunikan kondisi alam dan latar sejarahnya.

"Tema wisata Gua Kiskendo juga sudah diperkuat lewat regulasi," kata Joko.

Dispar Kulon Progo berencana mengembangkan Gua Kiskendo sebagai destinasi wisata terintegrasi. Masyarakat juga akan dilibatkan sebagai upaya pemberdayaan.

Joko mengungkapkan sejumlah rencana yang disiapkan adalah membangun kawasan kuliner hingga taman bermain anak serta menyiapkan berbagai aktivitas budaya.

"Wisata susur sungai di Gua Sumitro juga akan dikembangkan," katanya.

Wisata Gua Kiskendo menawarkan pengalaman menelusuri lorong panjang berliku berhias stalagtit dan kisah Ramayana di dalam perut bumi.

Secara administratif, gua ini berlokasi di Desa Jatimulyo Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo. Daerah ini berada di perbatasan antara Kabupaten Kulon Progo dengan Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Baca juga: DPP Kulon Progo pastikan sektor pertanian tidak terkena dampak El Nino

Baca juga: DKP Kulon Progo sosialisasikan sertifikat kelayakan pengolahan

Pewarta: Sutarmi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023