...penggunaan tiket elektronik di seluruh koridor busway TransJakarta dapat terealisasi pada Mei 2013
Jakarta (ANTARA News) - Penggunaan electronic ticket (e-ticket) atau tiket elektronik akan segera diterapkan di dua koridor busway TransJakarta, yaitu di koridor VIII (Lebak Bulus-Harmoni) dan koridor IX (Pinang Ranti-Pluit).

"Saat ini, kita sedang melakukan uji coba penerapan tiket elektronik di dua koridor tersebut. Semoga uji coba ini berjalan lancar," kata Kepala Unit Pengelola (UP) TransJakarta Muhammad Akbar di Jakarta, Kamis.

Jika dalam pelaksanaan uji coba tersebut tidak menemui banyak hambatan, sambung Akbar, maka ditargetkan penerapan e-ticket di kedua koridor itu sudah bisa dilakukan mulai minggu depan atau akhir April 2013.

"Dengan diterapkannya e-ticket di kedua koridor tersebut, maka secara keseluruhan, penggunaan tiket elektronik di seluruh koridor busway TransJakarta dapat terealisasi pada Mei 2013," ujar Akbar.

Menurut Akbar, penggunaan tiket elektronik dapat menguntungkan penumpang karena tidak perlu antri untuk membeli tiket dan lebih aman sebab penumpang tidak perlu mengeluarkan uang tunai untuk pembelian tiket.

"Tiket elektronik ini juga bisa digunakan untuk mengetahui jumlah penumpang sekaligus jarak perjalanan, karena terhubung langsung secara online dengan bank yang telah bekerjasama dalam program penerapan e-ticket tersebut," tutur Akbar.

Akbar mengaku optimistis jumlah pengguna tiket elektronik akan terus mengalami peningkatan. Sejak program itu dirilis pertama kali pada 22 Januari 2013, penumpang yang menggunakan tiket elektronik tercatat sebanyak 70.000 orang.

Seperti diketahui, sebelumnya penggunaan e-ticket telah diterapkan di empat koridor, yakni koridor I (Blok M-Kota), koridor III (Kalideres-Harmoni), Koridor V (Kampung Melayu-Ancol) dan koridor VII (Kampung Melayu-Kampung Rambutan).

Pewarta: Rr Cornea Khairany
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013