Jakarta (ANTARA) -
Berwisata sambil olahraga menjadi tren di kalangan masyarakat akhir-akhir ini. Merencanakan liburan bertemakan sport tourism, yakni wisata minat khusus, diharapkan destinasi wisata yang dilalui sebagai rute ajang olahraga nantinya akan semakin populer dan meningkatkan sektor pariwisata Indonesia.
 
Online Travel Agent (OTA) tiket.com melalui keterangan yang diterima, Selasa, merangkum tiga kegiatan olahraga yang sedang banyak digandrungi oleh masyarakat dan dapat dieksplorasi bersamaan dengan kegiatan berlibur.
 
1. Marathon sambil menikmati indahnya pantai di pulau Bali
 
Dalam satu dekade terakhir, berbagai lomba lari atau aktivasi terkait acara lari marak tumbuh di Indonesia. Di masa pandemi pun, minat masyarakat terhadap olahraga meningkat pesat. Termasuk olahraga lari yang mengajak para pelari untuk menikmati keindahan pemandangan sekitar, seperti salah satunya ajang marathon di Pulau Bali.
 
Sobat tiket bisa mengikuti ajang lari sambil menikmati indahnya alam Bali tidak hanya menjadi tempat berlaga bagi para peserta lari tetapi juga destinasi liburan keluarga. Nikmati kegiatan marathon dengan sentuhan budaya Bali beserta wisata Bali dan keramahan masyarakatnya.
 
Selain itu, trek jogging di Bali ini juga banyak dijadikan sebagai tempat jalan-jalan karena terbebas dari kendaraan yang berlalu lalang. Tidak heran jika banyak di antaranya warga sekitar yang dengan sengaja melakukan olahraga pagi seperti halnya jogging di kawasan khusus.
 
Setelah lelah jogging santai, lari mengelilingi kota maupun ikut ajang marathon, sobat tiket dapat booking hotel murah bintang 4 dengan harga mulai dari Rp199.000/kamar/malam serta dapatkan diskon khusus 7 persen maksimal Rp300.000 untuk pemesanan villa di Bali dengan kode promo STAYSALETEMBER di tiket.com.

Baca juga: Ajang trail run di Ubud Bali angkat pariwisata berbasis olahraga
 
2. Petualangan bersepeda di Pusuk Bike Park
 
Menghabiskan liburan dengan bersepeda di tempat yang indah di Indonesia sambil menghirup udara segar menjadi salah satu kegiatan wisata yang digemari saat ini, dengan tujuan menyalurkan hobi atau minat khusus.
 
Bersepeda adalah salah satu kegiatan komunitas yang terbentuk semasa pandemi dan masih berlangsung hingga saat ini. tiket.com melihat pertumbuhan tren bagi banyak komunitas pesepeda dari berbagai kota untuk menjelajahi medan-medan alami nusantara bersama-sama, karena aktivitas tersebut menyegarkan pikiran dan cahaya matahari bermanfaat bagi kebaikan tubuh.
 
Bagi penggemar sepeda, kini sedang populer untuk gowes hingga ke dataran tinggi. Para penggemar gunung membuka arena petualangan bersepeda di dalam hutan Pusuk, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.
 
Panjang trek Pusuk Bike Park ini hingga 1,5 kilometer dan melintasi berbagai kondisi alami. Di antara yang harus ditempuh pesepeda adalah: hutan lindung, dua jembatan kayu, dan bambu untuk menyeberangi sungai, empat drop off (jumping), dan belasan full berm (kelokan).

Baca juga: Banyuwangi konsisten gelar "sport tourism" untuk tarik wisatawan
 
3. Bermain golf sembari healing di Pulau Bintan
 
Saat ini, olahraga golf menjadi salah satu olahraga yang sangat diminati oleh berbagai kalangan khususnya anak muda dan sedang menjadi tren
 
Golf termasuk olahraga yang dimainkan sambil menikmati keindahan alam. Terletak di kepulauan Riau, Bintan merupakan salah satu destinasi yang cocok untuk bermain golf sambil berlibur.
 
Selain terkenal dengan wisata alamnya yang indah khususnya laut, Golf Course di Bintan juga merupakan sebuah tempat yang bisa sobat tiket kunjungi untuk bermain golf sekaligus berlibur bersama keluarga.
 
Bintan sangatlah cocok untuk melakukan kegiatan sport tourism karena memiliki alam yang menjadi fokus utama destinasi wisatanya. Ditambah banyaknya pilihan resort mewah untuk sekadar healing dari hiruk pikuk kota dan menikmati ketenangan di pulau ini.
 
Dengan bermain golf otot jadi bekerja lebih, maka setelah bermain manjakan diri dengan berbagai perawatan refleksi dan pijat athletic body massage, signature massage, dan reflexology setelah berolahraga.
 
SVP of Brand Marketing, tiket.com Maria Risa Puspitasari mengatakan tiket.com hadir untuk memberikan inspirasi bagi sobat tiket untuk dapat eksplor kegiatan menarik saat berlibur salah satunya melalui sport tourism.
 
“Sambut hari olahraga nasional (Haornas) tiket.com ajak sobat tiket rayakan dengan cara yang lebih berkesan. Sebagai jendela informasi bagi wisatawan lokal maupun internasional yang ingin menjelajahi Indonesia melalui cara yang lebih menarik sport tourism yang akan semakin membuka opsi aktivitas sobat tiket di destinasi wisata yang didatangi," kata Maria.
 
Hadirnya promo khusus SALEtember dari tiket.com akan memudahkan membeli tiket pesawat domestik hingga mancanegara, kebutuhan akomodasi, pilihan wahana, dan entertainment serta event, semua dapat dipesan secara mudah melalui platform tiket.com.
 
Konsumen juga dapat menikmati keunggulan tiket.com sebagai one stop solution untuk semua kebutuhan wisata dan perjalanan dengan langsung melengkapi kebutuhan liburannya mulai dari beragam pilihan dalam perjalanan.

Baca juga: Fun run menjadi agenda rutin sport tourism di Kota Jayapura

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023