Iya betul, tapi kita sudah melakukan upaya antisipasi lonjakan harga tersebut dengan cara melakukan pasar murah pangan bersama Bulog
Banda Aceh (ANTARA) - Harga beras kualitas biasa atau bawah di Pasar Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh mencapai Rp12.000 per kilogram, imbas dari kenaikan harga gabah kering panen (GKP) di daerah-daerah provinsi setempat.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Abdya Amri, Selasa, membenarkan harga beras kualitas rendah di daerah itu mencapai Rp12.000 per kilogram, dan pihaknya telah melakukan penanggulangan melalui pasar murah.

"Iya betul, tapi kita sudah melakukan upaya antisipasi lonjakan harga tersebut dengan cara melakukan pasar murah pangan bersama Bulog," katanya di Blangpidie.

Ia menjelaskan, Bulog Cabang Blangpidie dalam beberapa hari terakhir sudah melakukan kegiatan pasar murah pangan dengan menjual beras murah di beberapa lokasi di Aceh Barat Daya.

"Sudah empat titik dilakukan dan pasar murah pangan ini terus berlanjut hingga harga beras di pasaran menjadi normal kembali," ujarnya.

Sementara itu, Sulaiman pedagang beras di Pasar Blangpidie mengatakan harga beras kualitas biasa memang sedang mengalami kenaikan, dari sebelumnya antara Rp160-170 ribu, naik menjadi Rp175-185 ribu per karung isi 15 kilogram.

"Jika dikalkulasikan malah sudah lebih Rp12.000 per kilogram. Begitu juga dengan harga kualitas premium," katanya.

Pada pekan lalu, lanjutnya, harga beras premium merk Yushima dijual sekitar Rp190-195 ribu per karung. Namun sekarang juga mengalami kenaikan menjadi Rp200-205 ribu per kilogram.

Begitu juga harga untuk beras lokal yang turut mengalami kenaikan dari sebelumnya Rp115 ribu menjadi Rp120 ribu per karung isi 10 kilogram.

"Kalau beras Bulog hingga saat ini harganya masih stabil yaitu Rp148 ribu per karung," katanya.

Ia menilai, kenaikan harga beras di Abdya disebabkan karena hasil panen petani pada musim tanam gadu lalu yang kurang bagus, dan juga melonjaknya harga gabah kering panen daerah lain di Aceh.

Baca juga: Harga jual beras di Meulaboh Aceh Barat mencapai Rp200 ribu per karung

Baca juga: Petani gagal panen di Aceh Tengah dapatkan bantuan cadangan pangan

Baca juga: Bulog: Realisasi SPHP di Aceh mencapai 24.360 ton

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023