Program Kali Bersih yang dilaksanakan itu bertujuan agar sungai di kawasan itu dan sekitarnya menjadi lebih bersih dan indah
Ambon (ANTARA) - Jajaran TNI-AD dan TNI-AL, yakni Komando Distrik Militer (Kodim) 1504 Ambon bersama Lantamal IX Ambon bersinergi melakukan Program Kali Bersih Nasional di Ibu Kota Provinsi Maluku itu.

"Pada Program Kali Bersih Nasional 2023 saat ini dipusatkan di Sungai Wahiruhu, Desa Galala, Kota Ambon," kata Dandim 1504 Ambon, Letkol (Arh) Tengku Sony Sonatha di Ambon, Selasa.

Ia mengatakan Program Kali Bersih Nasional kali ini mengusung tema 'Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe Terus Maju Untuk Indonesia Maju".

Kegiatan diawali dengan apel pengecekan personel di lokasi kegiatan, dilanjutkan dengan tanda bunyi sirene oleh Komandan Lantamal IX/Ambon, yang menandakan bahwa kegiatan dimulai.

"Dengan adanya dukungan dan partisipasi Kodim 1504/Ambon yang meluncurkan personelnya dengan kekuatan maksimal dalam kegiatan kerja bakti program Kali Bersih Nasional TNI-AL Lantamal IX/Ambon, membantu pencapaian hasil yang optimal," katanya.

Pihaknya juga mengerahkan Bintara Pembina Desa (Babinsa) di wilayah tersebut untuk membantu mengerahkan warga dalam kegiatan itu.

"Peran Babinsa di wilayah juga sangat baik dan aktif dalam mengerahkan masyarakat setempat untuk dapat ikut serta dalam pembersihan Sungai Wairuhu Desa Galala," kata Dandim.

Tengku Sony Sonatha mengatakan keterlibatan Kodim 1504/Ambon dalam kegiatan ini merupakan wujud sinergi antarmatra dan juga lintas sektor, guna menopang roda pembangunan di wilayah, khsusnya di sektor lingkungan hidup, serta kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Sementara itu Komandan Lantamal IX Ambon Brigadir Jenderal TNI (Mar) Said Latuconsina menyampaikan bahwa Program Kali Bersih yang dilaksanakan itu bertujuan agar sungai di kawasan itu dan sekitarnya menjadi lebih bersih dan indah.

"Harapannya secara sadar akan menumbuhkan rasa memiliki dan kepedulian terhadap lingkungan sungai pada setiap prajurit TNI dan warga masyarakat sekitarnya," katanya.

Prsonel yang terlibat dalam kegiatan tersebut di antaranya dari Lantamal IX 50 orang, Kodim 1504/Ambon 10 orang, Polri 15 orang, Pangkalan TNI-AU (Lanud) PTM 10 orang, Guspurla Koarmada III tujuh orang, Bakamla Zona Maritim Timur sembilan orang, Komunitas Peduli Sampah, Resimen Mahasiswa Unpatti lima orang, Siswa SMK Negeri 3 Ambon delapan orang, dan masyarakat sekitar 50 orang, demikian Said Latuconsina.

Baca juga: Kodam XVI Pattimura aksi bersih sungai di Ambon peringati HUT ke-24

Baca juga: Ambon kembangkan komunitas sekolah sungai

Baca juga: Empat sungai di Ambon tercemar 'E.coli'

Baca juga: Pemkot Ambon benahi kawasan pemukiman kumuh di sungai, pantai

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023