Banda Aceh (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Lhokseumawe, Aceh, melakukan Program Kali Bersih (Prokasih) Nasional di Lhokseumawe sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Melalui kegiatan ini kita mengampanyekan dengan semangat Jalasveva Jayamahe terus melaju untuk Indonesia maju,” kata Komandan Lanal Lhokseumawe Letkol Laut (P) Andi Susanto, di Lhokseumawe, Selasa.

Prokasih Nasional sekaligus acara pelepasan tim The Rising Tide itu berlangsung di Dusun Rancong Baro, Desa Blang Naleung Mameh, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, yang diikuti 250 peserta.

Baca juga: Lanal tanam 5.000 bibit bakau di pantai Sabang

Selain membersihkan sampah di pinggir sungai, pihaknya juga melakukan pembersihan aliran Sungai Blang Naleung Mameh dengan menggunakan dua unit rubber boat (perahu karet) dan dibantu oleh dinas terkait guna meminimalisir sampah di sungai.

Ia menjelaskan, aksi kali bersih ini merupakan kolaborasi antara TNI, Polri, pemerintah, masyarakat, dan pelajar dalam mengedukasi terkait perubahan ekosistem lingkungan akibat krisis iklim yang menjadi ancaman bagi keberlangsungan hidup seluruh makhluk di bumi.

Selain itu, lanjut dia, kegiatan tersebut juga sebagai upaya untuk mendorong aksi kerja sama berbagai pihak dalam menciptakan kebersihan lingkungan secara berkelanjutan.

Baca juga: Lanal Lhokseumawe musnahkan 23,98 kilogram sabu-sabu

Danlanal berharap produksi sampah, terutama sampah plastik bisa terus dikurangi. Kemudian masyarakat juga diharapkan bisa berinovasi untuk mengolah sampah-sampah plastik itu menjadi produk daur ulang yang bernilai ekonomi seperti pakaian dan lain-lainnya.

“Semoga kampanye ini menginspirasi masyarakat Indonesia khususnya Aceh dalam menggerakkan ekonomi sirkular di Tanah Air, dan juga membangun semangat untuk menjaga lingkungan,” katanya.

Baca juga: TNI AL salurkan bantuan kepada warga terisolisasi akibat banjir

Selain itu, dalam kegiatan tim The Rising Tide, para peserta akan menempuh waktu selama 35 hari dengan jarak sepanjang 3.141 kilometer untuk tiba di Jakarta, secara Triatlhon dengan berlari, bersepeda, dan berenang. Para peserta juga akan melewati seluruh satuan kewilayahan TNI.

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023