Jakarta (ANTARA) - Ajang balap sepeda terbuka JBL Ride 2023 mempertandingkan empat kategori perlombaan di edisi kali ini yang bergulir pada 6-10 September.

"Di edisi ketiga ini kami menghadirkan empat kategori lomba. Pertama ada Team Time Trial (TTT), Individual Time Trial (ITT), Criterium, dan Sprint," kata Ketua Panitia Penyelenggara JBL Ride 2023 Harlie Ayung kepada ANTARA saat ditemui di kawasan Pantai Indah Kapuk 2, Banten, Rabu.

Untuk nomor Team Time Trial, jarak yang harus ditempuh oleh para peserta dari tim komunitas adalah 75 km untuk kelas pria yang berisikan delapan orang. Sementara untuk kelas wanita, jarak tempuhnya adalah 37,5 km dengan satu tim berisikan empat orang peserta.

Selain diikuti oleh tim komunitas, JBL Ride 2023 juga membolehkan tim elite untuk mengikuti berbagai nomor perlombaan, termasuk di TTT. Untuk kelas elite pria, satu tim berisikan lima orang. Sementara kelas elite wanita berisikan empat orang per tim.

Adapun kriteria peserta non-elite adalah masyarakat umum, pegiat sepeda, dan mantan atlet berusia 35 tahun ke atas yang tidak mengikuti lomba dan mewakili negara di ajang internasional, kejuaraan nasional, maupun kejuaraan daerah dalam kurun waktu dua tahun terakhir.

Baca juga: Raja Sapta Oktohari ditunjuk menjadi penasehat balap sepeda ASEAN

Lebih lanjut, untuk kategori ITT ada enam nomor lagi di dalamnya yang diperlombakan, yaitu ITT Women-Elite, ITT Women-Open, ITT Men-Elite, ITT Men-Master A (30-39), ITT Men-Master B (40-49), dan ITT Men-Master C (50-59).

Sedangkan pada kategori Citerium, ada tujuh nomor di dalamnya, yaitu Criterium Men–Open, Criterium Men– Master A (30-39), Criterium Men–Master B (40-49), Criterium Men–Master C (50-59), Criterium Men–Master D (60+), Criterium Women–Open, dan Criterium Women–Elite.

Untuk kategori Sprint, dibagi enam nomor yaitu TTT Sprint Women–Open, TTT Sprint Women–Elite, TTT Sprint Men–Elite, TTT Sprint Men–Master A (30-39), TTT Sprint Men–Master B (40-49), dan TTT Sprint Men–Master C (50-59).

Kategori TTT dilombakan pada 6-8 September, untuk kategori ITT diadakan pada 9 September, Criterium dan Sprint pada 10 September.

Para peserta yang tergabung pada lomba balap sepeda terbuka JBL Ride 2023 ini memperebutkan total hadiah sebesar Rp200 juta.

Baca juga: DKI Jakarta raih tiga medali di Pra-PON dan Kejurnas Balap Sepeda 2023
Baca juga: Tour of Kemala 2023 digelar di Banyuwangi

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023