Bersyukur banget ada program ini
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan (Sudin KPKP) Jakarta Timur memberikan vaksin rabies secara gratis yang dimulai dari Kelurahan Dukuh, Kramat Jati guna menyambut Hari Rabies Sedunia pada 28 September.

“Program ini adalah dukungan Sudin KPKP Jakarta Timur pada pemerintah. Karena sekarang ini sedang marak berita rabies di provinsi lain. Oleh sebab itu Jakarta berjaga-jaga,” kata Kepala Satuan Pelaksana Kecamatan Kramat Jati Sudin KPKP Jakarta Timur Norman Maulana saat dijumpai di Jakarta Timur, Rabu.

Norman menjelaskan jenis hewan yang bisa mendapatkan vaksin rabies ini di antaranya anjing, kucing, kera dan musang.

Sementara syarat untuk mengikuti vaksin rabies gratis ini, Norman menjelaskan adalah cukup dengan memiliki KTP DKI Jakarta. Setelah itu, warga bisa memotret hewan peliharaannya. Apabila telah disetujui, pemilik bisa langsung membawa hewan-hewan peliharaannya ke lokasi vaksin rabies gratis.

“Selain itu syarat untuk hewannya adalah tidak sedang dalam kondisi pilek, berusia di atas 4 bulan, tidak sedang hamil maupun menyusui. Kalau memiliki lebih dari satu ekor enggak apa-apa. Boleh dibawa sebanyak-banyaknya asal memenuhi syarat tersebut,” jelas Norman.

Lebih lanjut Norman mengatakan, program ini menyediakan 100 suntikan atau 10 botol per RW untuk daerah Dukuh ini. Per harinya vaksin rabies gratis ini disediakan di dua RW.

Di sisi lain, salah seorang pemilik kucing bernama Yulia mengaku senang dengan adanya program vaksin rabies gratis ini. Sejak pukul 09.00 Yulia dengan dua kucingnya Milo dan Milau sudah mengantre di depan Balai Warga RW 4 untuk mendapat vaksin rabies gratis.

Selain dapat menghemat biaya, menurut Yulia program vaksin rabies gratis ini pun bisa menjaga kesehatan anak bulu (anabul) serta keluarganya di rumah.

“Senang banget. Bisa mengurangi biaya karena vaksin rabies lumayan banget untuk satu ekornya. Jadi dengan adanya program ini bisa menolong orang-orang yang punya kucing. Biar sehat. Takut saja kalau tiba-tiba nyakar anak kecil, kebetulan ada anak kecil di rumah,” kata Yulia.

Pemilik kucing lainnya bernama Syarifah juga mengatakan hal senada. Bagi dirinya yang memiliki enam ekor kucing di rumah, program vaksin rabies gratis ini sangat membantu.

Syarifah pun rela mengantre sejak pagi bahkan bolak-balik demi memberikan vaksin rabies pada kucing-kucingnya.

“Mengharapkan banget dari kemarin ada program ini. Karena kucing saya ada enam di rumah. Kemarin saja saya steril Rp350.000. Bersyukur banget ada program ini,” kata Syarifah.

Menurut informasi dari instagram @sudinkpkp.jaktim, selain di Kelurahan Dukuh, program vaksin rabies gratis ini juga akan diselenggarakan di Kelurahan Kebon Pala pada 5 sampai 19 September.

Kemudian digelar pula di Kantor Kecamatan Duren Sawit pada 13 dan 14 September, RW 09 Kelurahan Pekayon pada 19 September, RW 07 Kelurahan Ujung Menteng pada 26 September dan terakhir pada Minggu ke-5 September di Kantor Walikota Jakarta Timur.

Baca juga: Kematian 21 kucing di Jakarta Utara dipastikan bukan akibat rabies

Baca juga: Pemprov DKI diminta awasi jalur masuk hewan berpotensi tularkan rabies

Baca juga: Legislator DKI tekankan larangan eksploitasi hewan penular rabies

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023