Jakarta (ANTARA) - Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Provinsi Banten, Rabu siang, untuk menghadiri KTT ASEAN 2023 di Jakarta.

Kedatangan Sergey Lavrov, seperti diinformasikan Sekretariat Presiden melalui siaran langsung YouTube di Jakarta, disambut Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian.

Kedatangan Menlu Sergey Lavrov di Indonesia diiringi dengan jajaran pasukan kehormatan serta tarian tradisional Indonesia.

Sergey Lavrov tampak menyempatkan diri bertukar obrolan dengan Tito Karnavian di bawah tangga pesawat saat prosesi penyambutan sebelum akhirnya meninggalkan bandara menggunakan mobil kenegaraan.

Baca juga: Kemitraan ASEAN-Korea tercapai jika stabilitas terjaga, kata Jokowi
Baca juga: Jokowi tinjau persiapan Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN


Dalam Visi ASEAN 2020 ditegaskan bahwa ASEAN akan memainkan peran penting dalam masyarakat internasional dan memajukan kepentingan bersama ASEAN.

Federasi Rusia mengembangkan hubungan dengan ASEAN melalui kerja sama Mitra Wicara bersama Australia, Kanada, Tiongkok, Uni Eropa, India, Inggris, Jepang, Korsel, Selandia Baru, Amerika Serikat, dan United Nations Development Programme (UNDP).

Mayoritas negara anggota ASEAN berpartisipasi aktif dalam kegiatan Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC), Asia-Europe Meeting (ASEM), dan Forum for East Asia-Latin America Cooperation (FEALAC).

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin seluruh rangkaian pertemuan dengan negara mitra pada hari kedua Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-43 ASEAN di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023