Alhamdulillah, saat ini ada penambahan sekitar 24 kl BBM subsidi untuk kebutuhan nelayan di Kabupaten Aceh Barat
Meulaboh (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) melakukan penambahan kuota bahan bakar minyak (BBM) subsidi bagi ratusan kapal motor nelayan di daerah itu menjadi 176 kiloliter (kl), dari
sebelumnya hanya sekitar 152 kl.

“Alhamdulillah, saat ini ada penambahan sekitar 24 kl BBM subsidi untuk kebutuhan nelayan di Kabupaten Aceh Barat,” kata Kepala Bidang Perikanan dan Tangkap,
pada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Aceh Barat, Erfan kepada ANTARA di Meulaboh, Rabu.

Erfan menyebutkan kuota 176 kl bahan bakar minyak subsidi jenis solar tersebut, diperuntukkan bagi 564 kapal motor milik nelayan di Kabupaten Aceh Barat.

Ia mengatakan realisasi penambahan BBM subsidi bagi nelayan di Aceh Barat telah disetujui oleh PT Pertamina sejak Desember 2022, setelah usulan ini dilakukan pada 2021 dengan jumlah penambahan sekitar 84 kl.

Meski hanya disetujui sekitar 24 kl oleh PT Pertamina, Erfan mengatakan pemerintah daerah sangat berterima kasih dengan adanya penambahan kuota BBM tersebut, karena sangat membantu nelayan dalam mendapatkan kebutuhan BBM untuk mencari ikan di laut.

Ia menyebutkan BBM subsidi tersebut selama ini dipasok melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) berlokasi di Desa Padang Seurahet, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat.

Erfan mengakui dari total 564 kapal motor nelayan yang terdata di Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Aceh Barat, sebanyak 300 kapal motor yang mengajukan
rekomendasi ke pemerintah daerah setiap bulan nya.

Apabila kebutuhan BBM subsidi di SPBN Padang Seurahet Meulaboh habis, maka Dinas Kelautan Perikanan Kabupaten Aceh Barat merekomendasikan pengambilan BBM subsidi melalui SPBU Pasi Pinang, Kecamatan Meureubo dan SPBU Kutapadang, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat.

“Alhamdulillah, sejak tertibnya pengisian BBM di SPBU di Aceh Barat, selama ini pasokan BBM untuk nelayan sangat mudah. Hari ini kita terbitkan rekomendasi, maka hari itu juga BBM bisa ditebus di SPBU,” kata Erfan.

Baca juga: BPH Migas manfaatkan TI dalam penyaluran BBM subsidi

Baca juga: Pastikan BBM subsidi tepat sasaran, Satgas Pengawasan BBM Subsidi dibentuk

 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023