Cilegon (ANTARA) - Penyebab kebakaran Kapal Motor Penumpang (KMP) Mutiara Berkah I di dermaga Pelabuhan Indah Kiat, Merak, Kota Cilegon, Banten, Rabu (6/9) hingga kini belum diketahui.

Komandan Lanal Banten Kolonel Laut (P) Dedi Komarudin, di Cilegon, Banten, Rabu, mengatakan, untuk penyebab kebakaran sementara belum diketahui karena masih dilakukan proses pemadaman api.
 
"Kalau kita lihat dari lokasinya ada di dekat buritan kapal kemudian di dek kendaraan tapi kita belum dapat memastikan, sementara fokus ke pemadaman terlebih dahulu," katanya.
 
Ia juga menyebutkan bahwa sebanyak 159 penumpang beserta kru kapal berhasil dievakuasi dan lima orang di antaranya dilarikan ke rumah sakit karena mengalami sesak nafas.
 
"Kapal ini pelabuhan Indah Kiat, Merak menuju pelabuhan Pajang Lampung, sementara tidak ada korban jiwa total 159 penumpang dan kru kapal sudah dievakuasi dan lima orang di antaranya dilarikan ke rumah sakit karena sesak nafas," katanya.
 
Ia juga mengatakan, untuk proses evakuasi dan pemadaman api dilakukan bersama dengan tim gabungan mulai dari Polres Cilegon, Kodim Cilegon, dan Basarnas Banten.
 
"Kita berkolaborasi secara bersama-sama untuk bisa kita kendalikan situasinya. Kondisinya saat ini masih terus dilakukan pemadaman mudah-mudahan sesegera mungkin bisa ditangani dan api bisa padam," katanya.

Baca juga: Evakuasi penumpang kapal terbakar di Cilegon gunakan "crane"

Baca juga: KMP Mutiara Berkah terbakar di Pelabuhan Indah Kiat Merak

Baca juga: Indah Kiat dan Ciwandan fasilitasi penyeberangan 3.000 kendaraan
 

Pewarta: Desi Purnama Sari
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023