Dampak dari peristiwa tersebut antara lain jalan licin, banjir, sungai meluap, pohon tumbang, dan tanah longsor
Balikpapan (ANTARA) - BMKG Stasiun Balikpapan memprakirakan semua daerah 10 kabupaten/kota di Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami hujan ringan hingga hujan petir disertai angin kencang pada Kamis-Jumat (7-8/9), sehingga semua pihak diimbau waspada terhadap dampaknya.

"Dampak dari peristiwa tersebut antara lain jalan licin, banjir, sungai meluap, pohon tumbang, dan tanah longsor," kata Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Idham Chalid di Balikpapan, Rabu.

Prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan ke pihak terkait, termasuk ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, agar segera dilakukan mitigasi untuk meminimalisir dampaknya ke masyarakat.

Rinciannya antara lain di Kota Bontang hujan disertai petir diprakirakan terjadi pada Kamis pukul 14.00 WITA pada semua kecamatan, kemudian hujan ringan juga di semua kecamatan pukul 08.00, 17.00, 20.00, dan 23.00 WITA.

Baca juga: BMKG deteksi awan hujan di sejumlah kota besar Indonesia

Di Kota Samarinda, hujan ringan hingga hujan sedang berpotensi terjadi di semua kecamatan pada Kamis sekira pukul 08.00, 11.00, dan 14.00 WITA, dan hujan ringan pada pukul 17.00 WITA terjadi di enam kecamatan yakni Sungai Pinang, Samarinda Ilir, Samarinda Kota, Samarinda Ulu, Samarinda Utara, dan Sambutan. Untuk kecamatan lain cerah berawan hingga Jumat pagi.

Kota Balikpapan, hujan ringan pada Kamis pagi diprakirakan terjadi di lima kecamatan yakni Balikpapan Timur, Balikpapan Barat, Balikpapan Selatan, Balikpapan Tengah, dan Balikpapan Utara, pukul 14.00 dan 17.00 WITA di Balikpapan Kota. Sedangkan malam hingga Jumat pagi cerah dan berawan.

Hujan ringan hingga hujan petir di Kabupaten Berau, diprakirakan terjadi pada Kamis pagi hingga malam pukul 23.00 WITA hampir di semua kecamatan. Pada Jumat dini hari hujan ringan di Kecamatan Pulau Derawan, Batu Putih dan Biduk-Biduk, Jumat pagi di Kecamatan Kelay dan Segah.

"Kabupaten Mahakam Ulu, hujan petir pada Kamis pukul 11.00 WITA di Kecamatan Laham, pukul 14.00 WITA di Kecamatan Long Apari dan Long Pahangai. Hujan ringan mulai pukul 17.00 hingga pukul 23.00 WITA diprakirakan terjadi di semua kecamatan. Jumat subuh hujan ringan di Kecamatan Long Apari, Long Bagun dan Long Pahangai," katanya.

Baca juga: BMKG Balikpapan deteksi 192 titik panas di Kaltim hari ini

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023