Jakarta (ANTARA) - Pasukan Cordon menyambut kedatangan sejumlah tamu negara dalam agenda jamuan santap malam (gala dinner) yang menjadi rangkaian KTT Ke-43 ASEAN di pelataran Hutan Kota Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu.

"Tugas Pasukan Cordon menyambut kedatangan kepala-kepala negara yang menghadiri KTT Ke-43 ASEAN," kata Komandan Pleton Pasukan Kehormatan Cordon Letda CPM Sumarjo Sianturi dalam tayangan video Sekretariat Presiden di Jakarta.

Danton Pasukan Kehormatan Cordon ini mengatakan bahwa pasukan tersebut merupakan prajurit-prajurit militer TNI Angkatan Darat (AD) terbaik dari Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) yang bertugas memberi salam penghormatan militer kepada para tamu negara yang hadir.

Bentuk salam penghormatan itu berupa komando "hormat senjata gerak" yang diiringi dengan tiupan terompet berdurasi sekitar 10 detik, sekaligus menandai kehadiran para tamu negara di lokasi acara.

Pasukan Cordon membentuk sejumlah formasi yang terbagi atas grup marching band di area kedatangan mobil kenegaraan, hingga membentuk barisan di sisi karpet merah yang menjadi lintasan para tamu negara.

Letda Sianturi mengatakan bahwa Pasukan Cordon bertugas sebagai pengawal protokoler kenegaraan. Pasukan inilah yang menyambut para kepala negara yang hadir pada KTT Ke-43 ASEAN di Jakarta yang dihelat 5 hingga 7 September 2023 di Jakarta.

la menjelaskan bahwa Pasukan Cordon mengenakan seragam yang berbeda dengan pasukan lainnya.

"Jika saat kepala-kepala negara di Istana Presiden RI, kami mengenakan (seragam) merah putih. Akan tetapi, saat KTT ASEAN ini kami istimewa menggunakan baju Pasukan Cordon," ujarnya.

Untuk gelaran gala dinner dan acara resmi yang dihadiri oleh para kepala negara, Pasukan Cordon mengenakan seragam berwarna hitam.

Pasukan Cordon, kata dia, telah melakukan persiapan matang untuk menyambut kepala negara yang hadir di KTT ASEAN.

"Selama kami melaksanakan latihan, kendalanya tidak ada. Semuanya aman, lancar, dan terkendali," katanya.

Baca juga: Sejumlah tokoh hadiri Gala Dinner KTT Ke-43 ASEAN
Baca juga: Jokowi tinjau persiapan Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN


Agenda gala dinner dihadiri sejumlah tokoh, yakni: istri presiden keempat RI Abdurrahman Wahid, Shinta Nuriyah Wahid; presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri; wakil presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla; dan wakil presiden ke-11 RI Boediono.

Selain itu, turut hadir para menteri Kabinet Indonesia Maju dan pemimpin lembaga tinggi negara.

Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta Wapres Ma'ruf Amin dan istri Wury Ma'ruf Amin menjamu pemimpin negara-negara ASEAN dan organisasi internasional dalam gala dinner.

Presiden dan Ibu Negara tampak kompak mengenakan baju adat Betawi, sementara Wapres mengenakan batik lengan panjang.

Perhelatan gala dinner ini menyajikan menu makanan khas Indonesia yang dikemas apik berstandar internasional. Kegiatan itu juga menyajikan pertunjukan tari-tarian tradisional Indonesia.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023